Acara pembukaan agenda Desa Sehat oleh KKN UNM, Kegiatan ini berlangsung di kantor Desa Sehat, Kecamatan Lamuru, Kabupaten Bone. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Makassar (UNM)menggelar Desa Sehat. Kegiatan ini di laksanakan di Desa sengeng Palie, Kecamatan lamuru Kabupaten Bone, (31/10).

Kordinator Pelaksana Desa Sehat, Muhammad Alfaraby Rasnal mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada seriap kalangan demi terwujudnya masyarakat sehat. Kegiatan ini juga sekaligus wadah menyadarakan masyarakat pentingnya menjaga kesehatan.

“Kita ingin menyadarkan mereka pentingnya menjaga kesehatan, khususnya lansia,” kata dia.

Menurut Alfarabi kesehatan merupakan hal yang sangat penting. mengingat biaya kesehatan yang semakin mahal, tindakan mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Ada beberapa pelayanan kesehatan gratis yang diterapkan, diantaranya Pemeriksaan glukosa darah, kolesterol, asam urat, kolesterol, tekanan darah, berat badan ideal, indeks massa tubuh serta massage.

“Kasur yang paling mahal adalah kasur ada dirumah sakit bukan kasur yang berlapis emas, sehingga lebih baik mencegah daripada mengobati,” tuturnya.

Sementara itu Sekretaris Desa, Wasri mengapresisasi kegiatan ini, dirinya mengatakan program kerja KKN UNM ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Sengeng Palie. Masyarakat bisa lebih memahami pentingnya hidup sehat.

“Melalui kegiatan penyuluhan dan sosialisasi ini diharapkan masyarakat lebih peduli lagi terhadap kesehatan” katanya

Senada dengan itu, Bidan Desa Sengeng Palie, Yuni Rustam, juga turut mengapresiasi Desa Sehat ini, menurutnya kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat terlebih lagi kegiatan ini diperuntukkan untuk kalangan usia lansia. “Kegiatannya luar biasa dan memberi manfaat yang besar bagi masyarakat setempat,” jelasnya.


*Reporter: Wahyu Riansyah