Pelajar mahasiswa. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Pendidikan merupakan kunci dalam menentukan keberhasilan sebuah negara. Namun pada kenyataannya alokasi dana pendidikan setiap negara berbeda-beda.

Dalam laporan tahunan World Economic Forum (WEF) yakni “The Organization for Economic Cooperation and Development (OECD)” yang dirilis per tanggal 25 Oktober 2018 terkait bidang pendidikan dari 36 negara anggota, terlihat beberapa negara dengan alokasi dana pendidikan terbesar.

Di antara tolak ukur dalam penilaian tersebut adalah eksplorasi berapa banyak uang yang dihabiskan untuk pendidikan oleh masing-masing negara ini.

Kosta Rika menempati total anggaran belanja tertinggi dengan angka lebih dari 30%, Selandia Baru berada di peringkat ke-2 dengan total anggaran pendidikan sebesar 19%, Chili menempati posisi ke-3 dengan belanja pendidikan sebanyak 16%, dan yang ke- 4 Selandia Baru dengan alokasi anggaran sebesar 15%.

Sementara itu dalam data tersebut Inggris menduduki posisi ke-13, Amerika Serikat di posisi ke-17 dan Belanda di peringkat ke-20. Negara Finlandia yang dianggap memiliki pendidikan terbaik “hanya” menempati posisi ke-22 dengan alokasi anggaran pendidikan di bawah 15% dari total belanja negara.

Meski Indonesia tercantum sebagai patner OECD tetapi dalam data tersebut tidak ditemukan data pengeluaran alokasi anggaran pendidikan indonesia untuk tahun ini.


*Reporter: Wahyu Riansyah