Dosen PKK saat melalukan pembuatan pupuk kompos organik

PROFESI-UNM.COM – Salah satu tim Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengajarkan cara membuat pupuk kompos organik. Penggarapan itu dilakukan di Desa Tadangpalie, Kabupaten Wajo, di Bulan Juni lalu.

Gerakan ini dilaksanakan oleh Fatma Holai sekaligus Dosen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam (FMIPA). Ia mengatakan bahwa hal ini bertujuan untuk menambah wawasan Sumber daya Manusia (SDM) khususnya didaerah kabupaten Wajo.

“Saya ingin memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang cara memanfaatka limbah agar dapat menjadi suatu yang berguna dan hal itu kan juga lebih menghemat pengeluaran,” katanya.

Adapun bahan utama dalam memproduksi pupuk kompos organik diantaranya jerami, ranting pohon coklat ataupun ranting pohin lainnya. Ia berharap agar masyarakat mampu mengaplikasikan hal ini dalam bertani.

“Bahan kompos organik tersebut setelah dipotong-potong disiram aktifator lalu dibungkus plastik hingga kedap udara kemudian didiamkan selama empat hingga enam minggu,” tambahnya.


*Reporter: Kurnia