Pembantu Rektor Bidang Kerjasama (PR IV) Gufran Dharma Dirawan menerima Memorandum of Activity (MoA) sebagai bentuk kerjasama dengan Universitas Elektronik Saudi. (Foto: Int)
Pembantu Rektor Bidang Kerjasama (PR IV) Gufran Dharma Dirawan menerima Memorandum of Activity (MoA) sebagai bentuk kerjasama dengan Universitas Elektronik Saudi. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Demi memperbaiki mutu Bahasa Arab mahasiswa, Program Studi (Prodi) Bahasa Arab (PBA), Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Universitas Negeri Makassar (UNM) menjalin kerjasama dengan Universitas Elektronik Saudi. Penandatanganan Memorandum of Activity (MoA) dilaksananakan di Universitas Malang diwakili oleh Pembantu Rektor Bidang Kerjasama (PR IV) Gufran Dharma Dirawan, Jumat (28/9).

Program kerjasama bidang pembelajaran Bahasa Arab online dan tes standar Bahasa Arab ini akan menjadi barometer dalam pembelajaran Bahasa Arab. Program Universitas Elektronik Saudi yang memanfaatkan media daring sebagai wadah belajar Bahasa Arab dinilai bisa mengimbangi perkembangan teknologi yang sangat pesat.

Program pembelajaran Bahasa Arab Online menjadi kesempatan emas bagi Prodi yang baru dibuka tahun 2014 lalu ini untuk memperbaiki kualitas bahasa arab mahasiswanya. Hal ini karena Universitas Elektronik Saudi menyediakan enam level utama dengan total 16 sublevel yang berstandar Eropa Common European Framework of References for Languages (CEFR) pada program ini.

PR IV, Gufran Dharma Dirawan menuturkan konsep baru dan kekinian sangat dibutuhkan demi memparbaiki mutu bahasa arab jurusan PBA, terlebih jurusan ini merupakan jurusan baru. Tentunya dengan terjalinnya kerjasama dengan Universitas Elektronik Saudi ini diharapkan mampu mendongkrak mutu bahasa arab mahasiswanya.

“Program Studi yang masih belia ini sangat membutuhkan banyak gagasan-gagasan serta terobosan-terobosan baru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di PBA,” katanya, dilansir dari unm.ac.id