Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) tanggapi tuntutan aksi LK se-FIS UNM. (Foto: Wahyu R-Profesi)
Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) tanggapi tuntutan aksi LK se-FIS UNM. (Foto: Wahyu R-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM), Hasnawi Haris menanggapi tuntutan aksi demonstrasi yang dilakukan Lembaga Kemahasiswaan (LK) se-FIS. Realisasi perbaikan dan pengadaan sarana dan prasarana yang menjadi tuntutan aksi sebelumnya itu membutuhkan waktu.

“Kita diatur oleh sistem, tidak semerta-merta apa yang diminta langsung bisa terealisasikan. Bukannya kami tidak tepati janji tapi realisasi butuh waktu,” kata Hasnawi saat berdialog dengan demonstran di depan Gedung FIS UNM, Rabu (19/9).

Dosen Jurusan PPKN ini melanjutkan, tuntutan mahasiswa terkait sarana dan prasarana itu sudah ditindak lanjuti, dan masuk dalam rancangan anggaran untuk tahun depan. Jadi pengadaannya juga masti tahun depan karena untuk tahun ini pos anggaran itu sudah diatur.

“Sistemnya begitu, pos anggaran itu dibuat tahun sebelumnya. Jadi tuntutan kalian juga, tidak bisa dipaksakan,” katanya.

Hasnawi menjelaskan, beberapa tuntutan memang tidak bisa direalisasikan, seperti penerangan kampus dan aula fakultas. Penerangan itu memang tidak dilegitimasi Universitas karena mahasiswa dilarang berkegiatan malam di dalam kampus, untuk aula pihak fakultas sudah mengusahakan tapi terkendala pada dana yang minim.

“Kalau penerangan itu memang tidak ada izin dari universitas,” tuturnya.


* Reporter: Wahyu Riansyah