Wisuda Periode I yang telah digelar pada beberapa bulan yang lalu di Pelataran Menara Pinisi - (Foto: Dok. Profesi)
Wisuda Periode I yang telah digelar pada beberapa bulan yang lalu di Pelataran Menara Pinisi – (Foto: Dok. Profesi)

PROFESI-UNM.COM– Wisuda merupakan sebuah prosesi pelepasan jabatan status kemahasiswaan setelah bergelut dengan suka dukanya dunia perkuliahan. Wisuda memiliki kesenangan tersendiri bagi mahasiswanya, mereka cukup bangga akan dirinya karena akhirnya dapat menyelesaikan seluruh tantangan di dunia perkuliahan dengan cukup baik.

Berikut ini ada beberapa hal positif yang bisa kamu lakukan sambil menunggu wisuda.

  1.  Meningkatkan kemampuan berbahasa asing, seperti mengikuti les bahasa Inggris, Rusia atau bahkan Korea. Mungkin saja jika ada kesempatan nanti kamu bisa melanjutkan kuliahmu di luar negeri. Kamu juga bisa mengambil preparing dan tes TOEFL. Hal itu sangat penting untuk mencari lanjut kuliah dan kerja.
  2. Hadir dalam Seminar dan workshopyang diadakan oleh kampusmu, tidak ada salahnya . Selama ini mungkin kamu mempunyai bakat yang belum kamu ketahui, dengan mengikuti seminar yang berbagai pengalaman tentu pikiranmu akan sedikit banyak terbuka.
  3. Mulai untuk menyebar lamaran pekerjaan, tidak ada salahnya kan kamu sambil menunggu acara wisuda menyebar lamaran pekerjaan kebeberapa perusahaan yang kamu target, kamu tidak perlu menunggu untuk mendapatkan transkip dan ijazah, karena beberapa perusahaan ada yang memiliki kebijakan untuk menyerahkan surat keterangan kelulusan terlebih dahulu. Hal ini tentu membuatmu enak, terlebih jika kamu diterima oleh perusahaan untuk bekerja sebelum wisuda jadi setelah wisuda kamu bisa langsung bekerja tanpa harus menunggu lagi.
  4. Memperdalam Silaturahmi, kesibukanmu selama kuliah memang terkadang membuat jauh dari keluarga besar. Sembari menunggu panggilan wisuda, kamu bisa berkunjung ke tempat saudara-saudaramu yang jarang kamu temui. Selain untuk menjaga dan memperdalam silaturahmi, kamu juga bisa sekaligus jalan-jalan hemat dan bertukar banyak pengalaman dengan saudara-saudaramu.
  5.  Gabung di Komunitas Seru, sekarang adalah waktu yang tepat untuk bergabung di komunitas yang kamu sukai seperti komunitas pecinta anak, mengajar, seni dan yang lainnya. Di dalam komunitas tersebut kamu dapat berkenalan dengan orang baru yang memiliki minat yang sama dengan dirimu. Kamu bisa menambah jaringan pertemanan dan siapa tahu bisa mendapatkan info lowongan pekerjaan. Jadi punya banyak pilihan. (*)

[divider][/divider]

*Reporter: Kurnia Hasan