Mahasiswa KKN-PPM saat memebrikan kursus pelatihan
Mahasiswa KKN-PPM saat memberikan kursus pelatihan pada masyarakat kelurahan Mamminasae Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang, Minggu (5/8). (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar kursus dan pelatihan keterampilan vokasional berbasis potensi lokal, di kelurahan Mamminasae Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang, Minggu (5/8).

Pemerintah setempat maupun warga sangat mendukung dan antusias mengikuti pelatihan pembuatan kripik bonggol pisang dan souvenir dari batok kelapa.

Koordinator Kelurahan, Risman mengatakan, sebelum pelatihan ini, sejak awal telah melakukan observasi terkait potensi lokal yang ada di Kelurahan Mamminasae.

“Kami melihat di daerah ini, potensi lokal yang ada pada sektor pertanian dan perkebunan memiliki banyak tanaman pisang dan kelapa, jadi bersyukur jika masyarakat di sini dapat mengolah sendiri setelah adanya pelatihan,” ujarnya.

“Kedepannya hasil dari pelatihan berupa kripik bonggol pisang dan souvenir akan dipasarkan ataupun dijual di permandian air panas Sulili yang letaknya juga ada di kelurahan Mamminasae,” tambahnya.

Salah satu peserta pelatihan, Ibu Sunarwati, mengatakan pelatihan ini sangat bermanfaat karena mengangkat potensi lokal yang ada di daerah kami.

“Iya, ini bisa jadi peluang usaha bagi kami, dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada di Bumi Lasinrang ini,” tuturnya. (*)

[divider][/divider]

*Reporter: Ryan Subiakto S

Share and Enjoy !

0Shares
0 0