KKN-PPM Kabupaten Pinrang adakan pelatihan vokasional servis elektronika, komputer dan multimedia. (Foto: Ist)
KKN-PPM Kabupaten Pinrang adakan pelatihan vokasional servis elektronika, komputer dan multimedia. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM ) menggelar kursus dan pelatihan vokasional servis elektronika, komputer dan multimedia. Acara ini berlangsung di Aula Kantor Lurah Benteng Sawitto, Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang, Kamis (2/8).

Kordinator Kelurahan, Hamzah mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk mendidik kawula muda Benteng Sawitto khususnya yang putus sekolah atau pengangguran agar terampil dan memiliki bekal menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Pelatihan ini juga merupakan program kerja unggulan KKN-PPM Kelurahan Benteng Sawitto.

“Kami ingin memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) di kelurahan ini. Khususnya remaja pengangguran,” katanya.

Sementara itu salah satu peserta pelatihan, Rika Fajri merespon positif kegiatan ini, menurutnya keterampilan yang diajarkan dalam pelatihan ini sangat bermanfaat. Melalui kegiatan ini kami memiliki peluang untuk membuka usaha sampingan, seperti servis elektronik maupun desain grafis .

“Kegiatan ini sangat bermanfaat karena memberi gambaran ke masyarakat bahwa barang elektronik yang rusak tidak harusnya langsung dibuang. Selain itu memberikan kami kesempatan untuk membuka usaha sampingan, seperti desain grafis,” tuturnya.

Pelatihan ini menghadirkan tiga pemateri yaitu; Imam Gazali Suarno, Hamzah, dan Muhajir Jumardin. Kegiatan pelatihan keterampilan ini merupakan program pengabdian masyarakat dibawah bimbingan Hendra Jaya, Sapto Haryoko, dan A.Ilham Thaief.

[divider][/divider]

*Wahyu Riansyah