Kepala UPT penjaminan Mutu UNM, sapto Haryoko saat menjadi narasumber pada Latsar di lantai 14 menara pinisi unm
Kepala UPT penjaminan Mutu UNM, Sapto Haryoko saat menjadi narasumber pada Latsar di lantai 14 menara pinisi UNM, Jumat (3/8) (Foto: Wahyudin-Profesi)

PROFESI-UNM.COM РBalai Besar Pelatihan Kesehatan  (BBPK) Makassar bekerjasama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengadakan Pelatihan Dasar (Latsar) Calo9n Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Senat, lantai 14 Menara Pinisi, Jumat (3/8).

Ketua Panitia, Tuti mengatakan bahwa Latsar ini merupakan salah satu cara yang ditempuh dalam rangka menyiapkan para CPNS untuk masuk pada sistem pemerintahan.
Selain itu, ini juga merupakan mata diklat Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik,, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi (ANEKA) yang bertujuan untuk membantu CPNS menjawab pertanyaan-pertanyaan, yang berkaitan dengan pelayanan publik yang baik dan bersih.
“Mata diklat ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai yang nantinya akan menjadi dasar CPNS dalam berperilaku,” katanya saat diwawancarai usai kegiatan Latsar ditutup.
Untuk menginternalisasi nilai-nilai tersebut, kata Tuti, peserta perlu dibekali studi lapangan di instansi yang melakukan pelayanan untuk pendalaman keseluruhan materi ANEKA.
“Ini untuk mengaplikasikan teori pelatihan, menerapkan pengetahuan sikap, dan keterampilan yang didapat dikelas, sehingga peserta dapat pengalaman baik kemudahan maupun kesulitan dalam melaksanakan tugas,” tambahnya.
Kegiatan ini diikuti oleh dosen dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Indonesia TImur. Diantaranya yakni dosen dari Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), Universitas Negeri Manado (Unima), Universitas Negeri Gorontalo (UNG), dan Universitas Negeri Makassar (UNM). (*)
[divider][/divider]
*Reporter: Wahyudin