Suasana Pengolahan Daun Kelor pada masyarakat Desa Aka-akae dan Desa Damai Kec. Watang Sidenreng Kab. Sidrap. (Foto: Ist)
Suasana Pengolahan Daun Kelor pada masyarakat Desa Aka-akae dan Desa Damai Kec. Watang Sidenreng Kab. Sidrap. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM-Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) Nurliati Syamsuddin dan Muh. Said Hasan melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dibawah naungan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UNM untuk kualitas hidup sehat dan bernilai ekonomi. Kegiatan ini berlangsung di dua desa, yaitu Desa Aka-akae dan Desa Damai, Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidrap, Senin (30/07)

Pengabdian ini bertujuan untuk mengurai permasalahan di tengah masyarakat dengan melakukan pemanfaatan lahan subur agar menjadi sebuah terobosan positif. Selain itu pengabdian ini juga bermaksud memberikan solusi alternatif berupa olahan daun kelor.

Muh. Said Hasan mengungkapkan bahwa warga diajarkan memanfaatkan daun kelor untuk meningkatkan kesehatan. Program Kemitraan Masyarakat ini juga mengajarkan cara mengolah daun kelor menjadi bahan makanan.

“Lewat program ini, warga diajarkan mengolah daun kelor menjadi bahan makanan seperti agar-agar yang bernilai ekonomi yang dapat menambah pendapatan keluarga,” Ungkap dosen Fakultas Ilmu Keolahragan UNM ini

Sasaran kegiatan ini pun ditujukan kepada Ibu kelompok PKK Mawar Desa Damai dan Ibu kelompok PKK Beringin Desa Aka-akae di Kecamatan Watang Sidenreng

“Harapan terbesar kita dengan program ini, masyarakat dapat hidup layak dan sekaligus membantu meningkatkan pendapatan keluarga mereka,” Tutupnya

Kegiatan ini pun diisi oleh materi dan demonstrasi pengolahan daun kelor dan turut dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat Desa aka-akae dan Desa Damai.

[divider][/divider]

*Wahyu Riansyah