Suasana seminar
Suasana seminar pemanfaatan pekarangan rumah di Desa Palatta Polewali Mandar, Jumat (27/7) (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar seminar pertanian sebagai salah satu Program Kerja Bakti Sosial (Baksos) Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi (FE) UNM, yang berlangsung di Desa Palatta Polewali Mandar, Jumat (27/7)

Seminar dengan tema Pemanfaatan Pekarangan Rumah juga bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan, Kabupaten Polewali Mandar dengan mendatangkan penyuluh pertanian.

Safaruddin sekaligus sebagai pemateri dalam seminar mengatakan bahwa perlunya memanfaatkan pekarangan rumah demi memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga.

“Akan lebih baik jika pekarangan kita dimanfaatkan agar dapat menghasilkan minimal kebutuhan pangan dan gizi sehari-hari,” imbuhnya.

Ia menambahkan bahwa pemanfaatan pekarangan rumah selain menghasilkan sayuran yang sehat, juga sangat mudah dilakukan.

“Sayuran yang kita tanam dijamin sehat tidak menggunakan pestisida. Media tanam bisa berupa sabuk kelapa, batang pohon pisang, limbah plastik dan lain sebagainya,” tambahnya.

Kepala Desa Palatta, Muhammad Ramli menganggap bahwa seminar yang digagas oleh peserta Baksos ini sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya, melihat mata pencaharian mayoritas penduduk Desa Palatta adalah petani.

“Seminar ini sangat cocok dengan kebutuhan warga disini. Karena kebanyakan dari kami adalah petani,” anggapnya.

Setelah menerima materi tentang pemanfaatan pekarangan, setiap warga kemudian dibagikan beberapa bibit untuk dapat mengaplikasikan apa yang didapatkan pada hasil seminar.

[divider][/divider]

*Reporter : St. Reski Amalia