KKN PPM Kab. Barru (Foto: Ist)
KKN PPM Kab. Barru (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) Kabupaten Barru menggelar Seminar Program Kerja (Proker) tingkat kecamatan setelah seminggu berjalan. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Tanete Rilau, Senin (23/7).

Koordinator Kecamatan, Rustan Ruslan menjelaskan bahwa pelaksanaan Seminar Proker tingkat kecamatan ini dilakukan setelah Seminar Proker desa digelar di tiga desa yang menjadi tempat mengabdi mahasiswa KKN PPM UNM yaitu Desa Pancana, Lasitae, dan Corawali.

“Setelah sampai di kabupaten Barru, kami melaksanakan seminar proker di tiap desa, agar masyarakat mengenal apa yang akan kami lakukan” jelasnya.

Kegiatan pemaparan program kerja tingkat kecamatan ini dihadiri oleh camat Tanete Rilau, Kapolres Tanete Rilau, dosen pendamping, lurah, ketua RT/RW sekitar, kepala lingkungan, dan masyarakat.

Camat Tanete Rilau, Muh. Hudri dalam sambutannya, mengajak warganya untuk mendukung proker yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa KKN PPM UNM dan mendukung penuh kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Tak perlu sungkan untuk meminta bantuan kepada aparatur kecamatan, memang sudah kewajiban kami untuk mengapresiasi hal-hal semacam ini, jadi kepada bapak ibu sekalian agar mendukung proker yang dilaksanakan oleh adik-adik kita” katanya.

Selain itu, dosen pembimbing, Ernawati S. Kaseng turut ikut memaparkan tujuan yang diharapkan dalam kegiatan KKN PPM tahun ini.

“Kegiatan pelatihan dan pemberdayaan masyarakat pesisir menjadi fokus utama kami kali ini, khususnya untuk Kaum wanita dalam mengolah sumber daya laut agar bernilai ekonomis. Dalam hal ini akan ada program kerja utama dan program kerja tambahan yang akan dilaksanakan oleh anak-anak kita,” ungkapnya.

Mahasiswa KKN PPM UNM mengusung 5 program utama yakni pelatihan pembuatan nugget, bakso, kaki naga dari rumput laut, bimbingan belajar, penyuluhan dan pelatihan kewirausahaan serta terlibat langsung dalam perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang 73 nantinya.

[divider][/divider]

*Reporter: Zulhijaya