Foto bersama dengan nelayan di Desa Cilellang Kab. Barru. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM Mahasiswa jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) meluluskan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Proposal ini berjudul Penerapan teknologi fish caller Lacuba (lampu celup bawah air) di Desa Cilellang Kabupaten Barru.

Ketua tim PKM, Nurul Awalia menjelaskan bahwa LACUBA ini merupakan sebuah lampu yang dicelupkan kedalam air yang bertujuan untuk menarik perhatian ikan untuk mendekat dan berkumpul ke jaring.

“Melihat kondisi nelayan di Indonesia yang menggantungkan hidupnya pada hasil laut, namun cuma mengandalkan peralatan sederhana kemudian tidak jarang mereka menggunakan cara illegal yang dapat merusak ekosistem laut,” jelas Awalia.

Awalia menambahkan, LACUBA ini merupakan teknologi yang ramah lingkungan dan pastinya lebih memudahkan nelayan dalam menjalankan profesinya.

“Teknologi yang kami buat ini sangat ramah lingkungan dan pastinya membuat nelayan makin mudah menangkap ikan,” tambahnya.

Ia berharap melalui teknologi yang diciptakannya ini tidak ada lagi tindakan ilegal seperti pengeboman ikan di laut, dan paling penting dapat membawa dampak positif kepada masyarakat nelayan desa Cilellang.

“Harapannya tidak ada lagi tindakan ilegal yang membuat kerusakan ekosistem laut,” harapnya. (*)

[divider][/divider]

*Reporter:Rara Astuti