Mahasiswa Progaram Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) Fakuktas Teknik (FT) UNM yang tergabung dalam tim PKM, foto bersama dengan robot penangkap teripang karya mereka.
Mahasiswa Progaram Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) Fakuktas Teknik (FT) UNM yang tergabung dalam tim PKM, berhasil menciptakan robot penangkap teripang yang mereka namakan ‘The Chumbers’, (Foto: Ist).

PROFESI-UNM.COM-Tiga Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK), Jurusan Elektro, Fakultas Teknik (FT), Universitas Negeri Makassar (UNM) mencipatakan robot penangkap teripang. Mereka tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Ketiga mahasiswa itu adalah Maulana Maninnori Nawirma sebagai ketua, Andi Alfian dan Suhaeni sebagai anggota. Robot yang mereka namai ‘The Chumber” ini bertujuan untuk meminimalisir kecelakaan yang sering dialami nelayan penangkap teripang.

Ketua Tim, Maulan Maninnori Nawirma mengatakan Selama ini nelayan pencari teripang yang ada di seluruh wilayah Indonesia memburu teripang dengan cara menyelam. Parahnya mereka kerap
menggunakan kompresor sebagai alternatif pengganti alat selam scuba, hal ini sangat beresiko terhadap kesehatan nelayan.

“The Chumber membantu para nelayan untuk mencari teripang tampa harus menyelam. Mengingat saat ini sangat banyak kita jumpai nelayan yang menderita penyakit lumpuh, hilang kesadaran, bahkan sampai kematian akibat meyelam tidak sesuai dengan prosedur,” katanya

Lebih lanjut pria yang sering disapa Maulana itu menuturkan, robot penangkap teripang ini bekerja di dalam air dengan menggunakan sistem Remoetly Operated Vehicle (ROV). Robot ini bisa dikendalikan langsung oleh nelayan dengan bantuan perangkat kendali (remot kontrol) dalam
pengoprasiannya.

“Alat ini bisa dikendalikan langsung oleh nelayang di atas kapal. Robotdilengakapi dengan perangkat kamera dan senter yang berfungsi untuk memantau keaadaan dibawah laut dan terhubung langsung pada perangkat smartphone atau laptop,” tuturnya. (*)

[divider][/divider]

*Reporter: Wahyu Riansyah