Tiga mahasiswa jurusan kimia
Tiga mahasiswa FMIPA teliti pengawet makanan. (Foto: Ist)PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar  (UNM)meneliti pengawet makanan dari bahan dasar alam, Sabtu (7/7)
Kebutuhan kita terhadap makanan merupakan kebutuhan primer. Kebutuhan yang harus terpenuhi dan apabila tidak terpenuhi dapat menimbulkan permasalahan hidup, baik berupa gangguan kesehatan maupun psikologi.
Ketua Tim Wahyu mengatakan, berinisiatif untuk menemukan alternatif lain pengawet makanan yang bahan dasarnya berasal dari alam, karena kurangnya bahan pengawet makanan yang berbahan alami.
“Karena setiap kami membaca komposisi pada produk makanan ataupun minuman, produk itu selalu menggunakan pengawet makanan sintesis,” katanya.
Mahasiswa Jurusan Kimia ini menambahkan, mencoba pada  buah Ketapang sebagai bahan percobaan penelitiannya.
“Kami berencana meneliti buah ketapang karena ternyata zat yang dikandung oleh buah ketapang dapat menghambat pertumbuhan mikroba pada makanan,”tambahnya.
Lanjut, ia pun menjelaskan mengapa memakai buah Ketapang sebagai bahan penelitiannya.karena buah ketapang memiliki hemiselulosa yang baik digunakan sebagai pengawet karena tidak berbahaya bagi tubuh.
“Buah ketapang ini sangat baik digunakan karena selain tidak menggunakan zat kimia, buah ketapang ternyata juga mengandung bahan seperti lignin,” Jelasnya.
[divider][/divider]
*Reporter: Syahru Ramadhan