Penerimaan mahasiswa baru (PMB) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) tahun lalu. (Foto: Dok. Profesi)
Penerimaan mahasiswa baru (PMB) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) tahun lalu. (Foto: Dok. Profesi)

PROFESI-UNM.COM -Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) menambah dua program studi (Prodi) baru di tahun ajaran 2018/2019. Dua Prodi tersebut yakni Pendidikan Vokasional Mekatronika dan Teknik Komputer.

Secara keilmuan, Mekatronika ialah gabungan dari beberapa cabang ilmu keteknikan, seperti Teknik Mesin, Teknik Kontrol, Teknik Elektro, dan Pengetahuan Perangkat Lunak (software) dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk atau mesin otomatis yang cerdas dengan kinerja yang optimum.

“Sudah jelas Prodi Mekatronika adalah perpaduan antara mesin, elektronika, dan elektro. Teknik Komputer udah jelas Prodi Teknik Komputer,” kata Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) UNM, Muharram.

Guru Besar Kimia Organik ini juga menambahkan bahwa di era sekarang ini, dalam perkembangan teknologi yang sangat pesat, program studi tersebut sangat dibutuhkan dilapangan kerja.

“Fakultas Teknik sudah lama mengajukan. Dan baru tahun ini disetujui. Karena lapangan kerja sekarang membutuhkan lulusan tersebut,” tambahnya.

Pada jalur SNMPTN, jumlah calon mahasiswa baru yang diterima di Prodi Pendidikan Vokasional Mekatronika ini yakni 17 orang. Sementara untuk Prodi Teknik Komputer menerima 23 calon mahasiswa baru pada jalur SNMPTN.

Husain Syam pun telah melantik Ketua Prodi untuk dua Prodi ini. Satria Gunawan Zain sebagai Ketua Prodi Teknik Komputer dan Edy Sabara sebagai Ketua Prodi Pendidikan Vokasional Mekatronika. (Win)

[divider][/divider]

*Tulisan ini telah terbit di tabloid Profesi edisi 227 spesial pengumuman SBMPTN