Salah satu anggota tim PKM memaparkan materi mengenai tata cara mengolah limbah kakao. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COMMahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian( PTP) Universitas Negeri Makassar (UNM), yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Lakukan Pelatihan Pembuatan Nata De Cacao di Desa. Pelatihan ini berlangsung di Wonosari, Kecamatan Sukamaju, Luwu Utara, Sabtu (2/6) lalu.

Nurfailllah Ketua Tim, mengatakan Peserta sangat antusias dengan adanya kegiatan ini. Karena bahan baku yang peserta gunakan berada pada lingkungan mereka serta alat yang digunakan umumnya ada dalam peralatan masak sehari-hari dan hasil dari kegiatan nya pun dapat di uji cobakan langsung di depan masyarakat.

“Selaku pelaksana kegiatan kami sangat berharap dengan adanya program dari Dikti ini dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan yang baru bagi mereka,” katanya.

lebih lanjut ia juga berharap kegiatan ini bisa membantu para petani kakao dalam mengurangi limbah hasil panen mereka, sekaligus dapat meningkatkan kreativitas serta mengubah perilaku masyarakat tidak produktif menjadi produktif sehingga menaikan taraf ekonomi mereka menjadi lebih baik.

“Besar harapan kami pula pemerintah setempat dapat menjadikan bahan evaluasi dalam pengambilan suatu kebijakan yang berhubungan dengan kegiatan pembinaan dalam masyarakat,” harapnya. (*)

[divider][/divider]

Reporter: Wahyu Riansyah

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0