Sri Wahyuni, Siti Reski Ayusnin dan Ambo Askar foto bersama dengan sala satu pengusaha tambak di Desa Citta Kecamatan Citta, Kabupaten Soppeng. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM -Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar (UNM) yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) cipatakan inovasi Pemberian Pakan Ikan Otomatis (Papakinoto). Inovasi ini pertamakali diterapkan di Dusun Belawa, Desa Citta, Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng.

Tim ini terdiri dari empat orang yaitu; Sri Wahyuni sebagai ketua, Mudarris, Siti Reski Ayusnin dan Ambo Askar sebagai anggota.

Ketua tim Sri Wahyuni mengatakan, inovasi ini merupakan jawaban dari apa yang selama ini dikeluhkan oleh pengusaha tambak. Dengan menerapkan teknologi Papakinoto ini pemberian pakan ikan bisa dilakukan secara efisien tanpa menggunakan tenaga manusia.

“Dengan alat ini, masyarakat Soppeng akan terbantu meningkatkan hasil produksi dan efisiensi pengeloalaan tambak,” katanya.

Ia melanjutkan, teknologi ini dibuat dan didesain dengan memanfaatkan mikrokontoller sebagai kendali otomatis pemberian pakan, motor penggerak dan sumber listrik. Sumber listrik sendiri ada dua alternatif yaitu sel surya dan listrik PLN.

“Teknologi ini benar-benar kita rancang sesuai kebutuhan peternak ikan,” tuturnya.

[divider][/divider]

*Wahyu Riansyah