3 mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP), Fakultas Teknik (FT), UNM. Yaitu Monika Linda sebagaiĀ  ketua , Muhammad Rifaldy dan Rachmad sebagai anggota, berfoto bersama dengan anak putus sekolah sekaligus peserta pelatihan pengolahan limbah kopi. (Foto: Ist).

PROFESI-UNM.COM Universitas Negeri Makassar (UNM) telah meloloskan 40 dari 4838 proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) pada bulan April lalu. Dari 40 proposal yang diluluskan salah satunya berjudul “Pemberdayaan Anak Putus Sekolah (APUS) dalam Pemanfaatan Limbah Kulit Kopi (LIKKO) Sebagai Pakan Ternak Ruminansia”.

Proposal ini telah diberikan dana sebesar 8.000.000 rupiah selama pelaksanaan programnya di Desa Lembang Mesakada Kabupaten Pinrang, 5 Mei-28 Juni 2018 lalu.

Tim ini terdiri dari 3 mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP), Fakultas Teknik (FT), UNM. Yaitu Monika Linda sebagaiĀ  ketua , Muhammad Rifaldy dan Rachmad sebagai anggota.

Ketua tim, Monika Linda mengatakan ada sekitar 20 anak putus sekolah yang ikut serta dalam pelaksanaan pelatihan ini. Dalam pelatihan ini mereka diberikan pemahaman mengenai bagaimana cara mengola limbah kopi menjadi pakan hewan pemamah biak.

“kegiatan ini diikuti oleh sekitar 20 an lebih anak putus sekolah di desa Mesakada.Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini,” katanya.

Perempuan yang sering disapa Monika itu melanjutkan, kedepannya kami upayakan untuk terus membimbing anak putus sekolah untuk terus melanjutkan program ini . Mengingat program ini sangat bermanfaat buat mereka, juga bagi petani dan para peternak.

“Program ini sangat bermanfaat dan mampu mengubah perilaku hidup mereka menjadi lebih baik dan juga turut membantu para petani kopi,” tuturnya.’

Sementara itu salah satu peserta pelatiahan, Layuk mengatakan sangat berterimah kasih karena dengan kegiatan ini ia mendapatkan pengetahuan baru yang sangat bermanfaat.

“Dengan menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dari kegiatan ini hari-harinya akan lebih produktif dari sebelumnya,”.

[divider][/divider]

*Wahyu Riansyah