Tomy Novensa terbaring lemah di salah satu Rumah Sakit Umum di Kabupaten Sidrap. (Foto: Ist)
Tomy Novensa terbaring lemah di salah satu Rumah Sakit Umum di Kabupaten Sidrap. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM Salah satu mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM), Tomy Novensa saat ini sedang terbaring lemah di Rumah Sakit Umum (RSU) Nene Mallomo, Kabupaten Sidrap.

Tomy mengidap penyakit tumor tulang yang melumpuhkan kaki kirinya sejak Januari 2017 silam. Hal ini bermula ketika Tomi menyelesaikan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN), Awalnya dianggap asam urat namun lama kelamaan membengkak.

Orangtua Tomy Novensa, Sultan Genda mengatakan bahwa Tomy telah mengidap penyakit ini selama satu tahun.

Kondisinya sekarang semakin parah. Sejak bulan lalu, Tomy sudah tidak bisa bangun dari tempat tidur.

Kondisi ekonomi yang minim dan biaya pengobatan di Rumah Sakit yang mahal menghambat proses penyembuhannya. Hal ini karena kurang mendapat pelayanan medis yang baik.

“Lebih mi satu tahun terkena penyakit tumor, dan kalau dilihat keadaannya semakin hari semakin bertambah parah. Bahkan sejak satu bulan yang lalu nda bisa mi bangun,” katanya saat dihubungi via Whats App, Selasa (5/6).

Sultan Genda melanjutkan, saat ini Tomy sedang dalam proses pemulihan, sebelum menjalani proses operasi pengangkatan tumor. Selain kondisi tomy yang belum pulih untuk dilakukan operasi, kendala lain yang menghambat jalannya operasi adalah biaya. Tomy butuh uang senilai 50 Juta Rupiah untuk bisa memulai operasi.

“Sekarang sedang proses pemulihan untuk dioperasi, karena katanya dokter tidak mungkin dimulai operasi kalau kondisinya masih seperti itu,” tuturnya.

Keluarga Tomy Novensa saat ini sangat membutuhkan uluran tangan yang kiranya dapat membantu meringankan beban keluarga dan memastikan operasi Tomy berjalan dengan lancar.
“Untuk saudara yang ingin berdonasi silahkan klik https://kitabisa.com/bantutomylawantumor,” tutupnya. (*)

*Reporter: Wahyu Riansyah