Sejumlah peserta tes SBMPTN 2016 yang mengikuti tes tulis di kampus UNM. (Foto: Dok-Profesi)
Sejumlah peserta tes SBMPTN 2016 yang mengikuti tes tulis di kampus UNM, Selasa (31/5). (Foto: Muh. Agung Eka S – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 akan dilaksanakan besok, Selasa (8/5). Sebanyak 19.600 lebih bakal mengikuti ujian tes di Universitas Negeri Makassar (UNM).

Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) UNM, Muharram mengatakan bahwa di kampus pencetak guru ini akan menggunakan dua metode tes SBMPTN. Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

“Ada 600 orang yang akan mengikuti UTBK dan 19.000 lebih UTBC,” katanya saat dihubungi melalui telepon, Senin (7/5).

Peserta UTBK tes menggunakan desktop (PC) yang disediakan panitia, sementara untuk peserta UTBK menggunakan perangkat bergerak (Tablet atau Telepon Pintar) berbasis Android yang dibawa sendiri oleh peserta.

Ada tiga materi ujian tulis yang digunakan yaitu Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) yang terdiri atas mata uji Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TPA Verbal, TPA Numerikal, dan TPA Figural.

Kemudian Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) yang terdiri atas mata uji Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika. Serta Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. (*)

[divider][/divider]

*Reporter: Wahyudin