Foto bersama mahasiswa PTP FT UNM saat melakukan kunjungan lapangan di dua daerah. (Foto: Ist)
Foto bersama mahasiswa PTP FT UNM saat melakukan kunjungan lapangan di dua daerah. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Sebanyak 110 mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM), melakukan kunjungan lapangan atau field trip di dua daerah di Sulawesi Selatan yakni di Balai Benih budidaya Air Paya (BBAP) Kabupaten Takalar dan PT.AN-H Agro Nusantara Halid Kabupaten Bulukumba Kamis lalu (3/5).

Kunjungan tersebut merupakan salah satu syarat kelulusan mata kuliah sekaligus yakni mata kuliah Teknologi Budidaya Ikan pada prodi PTP FT UNM.

Ketua pelaksana kegiatan, Harman Pasande mengatakan,agenda tersebut dilakukan agar mahasiswa tidak hanya sekedar melakukan kujungan saja. Tapi dapat mengambil pelajaran dari setiap tempat yang dikunjungi.

“Sekiranya teman-teman dalam melaksanakan kunjungan belajar ini, bukan hanya jalan-jalan saja, tapi ada hal yang bisa di dapatkan. Setidaknya menambah wawasan,” katanya.

Senada dengan itu, Pembimbing mata kuliah, Patang, menjelaskan jika kegiatan kali ini bertujuan untuk memberikan penglaman langsung pada mahasiswa. Sehingga tidak mendapatkan pengetahuan, sekedar di ruang kelas saja.

“Tujuannya kami harapkan calon-calon guru kita sudah bisa melihat kenyataan di lapangan. Jadi, mahasiswa bisa melihat apa-apa yang dilakukan jika bekerja di dunia perikanan,” katanya.

Guru besar UNM asal PTP ini pun menambahkan, diharapkan setelah melakukan karya wisata, para mahasiswa pun siap apabila bekerja di dunia non kependidikan.

“Walau nanti mahasiswa kita bukan jadi guru, tapi juga sudah siap untuk bekerja di Industri budidaya perikanan,” tambahnya. (*)

*Nurul Charismawaty