Peserta SBMPTN - (Foto: Dok. Profesi)
Peserta SBMPTN 2016 saat mengikut ujian beberapa waktu yang lalu – (Foto: Dok. Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) secara serentak akan ditutup pada hari ini (27/4) pukul 22.00 WIB.

Adapun untuk SBMPTN tahun ini kembali dibagi menjadi dua jenis yakni Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Sementara pendaftaran online UTBC baru dibuka sejak 5 April 2018, sedangkan UTBK dibuka mulai 18 April 2018 dan secara bersamaan akan ditutup pada 27 April 2018.

Ujian SBMPTN 2018 masih menerapkan beberapa tes yaitu Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) yang terdiri atas mata uji Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TPA Verbal, TPA Numerikal, dan TPA Figural. Kemudian untuk yang memilih jalur Saintek akan ada Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika.

Khusus untuk jalur Soshum, terdaoat tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. Dan untuk yang memilih jalur campuran akan menikuti tes TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Sementara bagi yang memilih jalur Campuran diperkenankan mengikuti uji TKPA, TKD Saintek serta TKD Soshum.

Tak hanya itu, bagi peserta yang memilih jurusan tertentu seperti olahraga, seni kriya, sendratasik, tari, dan film, diharuskan mengikuti ujian keterampilan.

Tes SBMPTN 2018 akan berlangsung selama tiga hari, mulai 9 Mei sampai 11 Mei 2018. Kemudian hasil pengumuman seleksi SBMPTN dapat diakses melalui laman resmi SBMPTN pada 3 Juli 2018 pukul 17.00.

Bagi kamu yang belum melakukan pendaftaran SBMPTN 2018, dapat dilakukan melalui laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id/count.php
(*)

*Nurul Charismawaty S