Profil afiliasi Universitas Negeri Makassar (UNM) - (Foto: Int.)
Profil afiliasi Universitas Negeri Makassar (UNM) – (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM РRanking publikasi jurnal internasional Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam kurung waktu satu bulan ini menurun. Sebelumnya, pada 17 Maret lalu, UNM berada pada urutan ke 13. Namun sekarang urutannya menurun menjadi yang ke 41 seperti data yang dilansir dari sinta2.ristekdikti.go.id tertanggal 22 April.

Pembantu Rektor Bidang Kerjasama (PR IV) UNM, Gufran Darma Dirawan mengungkapkan bahwa hal yang wajar jika kita menurun. Karena menurutnya setiap orang saling berlomba dalam mempublikasikan jurnalnya.

“Ow iya urutan kita menurun karena orang saling bakulumba,” katanya saat ditemui di depan ruangannya lantai 8 Menara Pinisi, Senin (16/4).

(Baca juga: UNM Ranking 13 Publikasi Internasional di Indonesia)

Guru Besar Fakultas Teknik (FT) ini juga menambahkan bahwa suatu kesyukuran karena UNM masih bisa menempati urutan yang ke 41. Sementara yang terdaftar di Sinta2, khususnya di Indonesia sebanyak 4.523 afiliasi. Masih ada 4.482 afiliasi di bawah UNM.

“Syukurmeki itu kalau masih ada di urutan 50 besar,” tambahnya.

(Baca juga: Ini 10 Ranking Institusi Berdasarkan Publikasi Internasional Sinta 2)

Pemeringkatan ini terindeks di Science and technology index (Sinta) riset teknologi dan pendidikan tinggi. Sinta merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek.

UNM berada di urutan ke 41 dengan skor sinta 2.507. Sebanyak 490 penulis yang terverifikasi. Jumlah penelitian yang dihasilkan yaitu artikel jurnal sebanyak 253, bab buku sebanyak 14, dan makalah konferensi sebanyak 71.

Posisi pertama publikasi internasional diperoleh Universitas Indonesia dengan sinta score 42.395, kemudian di posisi kedua yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan sinta score 42.292, dan Universitas Gajah Mada (UGM) berada di posisi ketiga dengan sinta score 40.018. (*)

[divider][/divider]

*Reporter: Wahyudin