Peserta Pelatihan Metodologi Penelitian (PMP) XXI Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) yang membuat aplikasi pengenalan kampus (Aplus) - (Foto: Ist.)
Peserta Pelatihan Metodologi Penelitian (PMP) XXI Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) yang membuat aplikasi pengenalan kampus (Aplus) – (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Peserta Pelatihan Metodologi Penelitian (PMP) XXI Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) ciptakan aplikasi pengenalan kampus (Aplus). Aplikasi tersebut dibuat untuk memperkenalkan kampus almamater orange, khususnya di Fakultas Teknik.

Ketua kelompok, Ismail, mengungkapkan bahwa aplikasi ini bertujuan untuk menunjang proses perkuliahan khususnya di FT. Apalagi di FT memiliki gedung perpustakaan, laboratorium, dan gedung perkuliahan di setiap jurusan.

“Fakultas Teknik memiliki 7 jurusan lengkap dengan fasilitasnya. Setiap mahasiswa seharusnya mengetahui tentang informasi dosen dan pemetaan serta alur pengurusan adminstrasi akademik seperti pengurusan surat aktif kuliah, alur pengurusan skripsi, informasi beasiswa, dan prosedur penurunan UKT,” katanya melalui rilis yang dikirim, Selasa (17/4).

Menurut Ismail, informasi yang diberikan pada laman resmi FT UNM, tidak sesuai dengan buku panduan. Selain itu, pemetaan informasi wilayah memiliki masalah yang sama.

Seharusnya, lanjut Ismail, pemetaan kampus dapat dilihat di setiap jurusan. Karena faktanya, tidak ada peta yang disiapkan, sehingga mahasiswa tidak memiliki informasi mengenai pemetaan di FT.

“Ini penting untuk kemudahan mahasiswa dalam mencari sebuah informasi. Itulah kenapa kami membuat suatu aplikasi pengenalan kampus berbasis android,” lanjutnya.

Disisi lain, Anwar, selaku mentor kelompok pembuat Aplus, berharap aplikasi ini terus dikembangkan. Tak hanya di FT, tetapi di seluruh fakultas yang ada di UNM.

“Semoga aplikasi ini juga diterapkan di semua fakultas yang ada di UNM. Karena ini dapat memberikan informasi dengan data yang benar dan lengkap serta memberikan kemudahan dengan aplikasi berbasis android,” harapnya. (*)

[divider][/divider]

*Reporter: Wahyudin