Logo Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018..Selasa, (3/7) (Foto: Int.)
Logo Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018 (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018 telah dibuka sejak 5 April lalu dan berakhir pada 27 April mendatang. Pendaftaran SBMPTN 2018 dilakukan secara daring melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

SBMPTN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tulis atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan. Pelaksanaan SBMPTN tahun 2018 terdiri atas Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Seleksi ini dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2016, 2017, dan 2018 dari pendidikan menengah sederajat, serta lulusan Paket C tahun  2016, 2017, dan 2018. Pada tahun ini Panitia Pusat akan melakukan peningkatan layanan peserta UTBK.

Ujian tulis yang terdiri atas UTBC dan UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik pengembangan tes. Sementara ujian tulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di  semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek), serta bidang sosial dan humaniora (soshum).

Selain mengikuti UTBC atau UTBK, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan (UK). (*)

*Sumber: Website resmi SBMPTN 2018

[divider][/divider]

*Wahyudin

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0