PROFESI-UNM.COM – Dahlan Dahi, Pemimpin Redaksi (Pimred) Tribunnews.com bawakan materi “Idealisme Pers dan Politik Praktis” pada Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Nasional (PINISI) 2018 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM).  yang berlangsung di Aula Tribun Timur Makassar, Jumat (6/4).

Dahlan Dahi mengatakan, moralitas merupakan satu hal yang harus dimiliki seorang jurnalis. Hal itu dibutuhkan mengingat fungsi dari jurnalis itu sendiri yaitu memberikan informasi, mendidik dan menghibur.

“Kita sudah sama-sama tau tujuan jurnalis. Bisa dibayangkan, apakah tujuan itu bisa terlaksana dengan baik  jika seorang wartawan tidak memiliki etika,” katanya.

Pimred Tribunnews.com  melanjutkan, selain moralitas menjadi wartawan yang baik, harus memiliki kemampuan mencari sumber beritmencari berita, tapi tidak bisa menulis, ada juga sebaliknya.

“Ada wartawan yang hebat dalam mencari berita, tapi tidak bisa menulis, ada juga sebaliknya. Tapi waratwan yang baik adalah yang hebat mencari berita dan mampu menulis dengan baik” tuturnya.

[divider]

*Reporter: Wahyu Riansyah