Effendi Gazali saat membawakan materi Bahasa Politik, di Sophie Paris. Jumat (6/7) (Foto: Wahyu R)
Effendi Gazali saat membawakan materi Bahasa Politik, di Sophie Paris. Jumat (6/7) (Foto: Wahyu R)

PROFESI-UNM.COM– Direktur Salemba School, Effendi Gazali membongkar potret media saat ini. Ia mengatakan bahwa media saat ini telah dikuasai oleh segelintir kelompok. Menurutnya peran para aktivis tidak lagi sesuai berjalan pada koridornya.

“Suara aktivis sudah tidak ada di media kita, dimana peran aktivis sekarang telah diambil alih oleh ulama,” katanya.
Pakar Komunikasi Politik ini juga mengimbau kepada para pemilik media ataupun wartawan yang memihak, tetap memberitakan suatu kejadian ataupun berita sesuai dengan fakta dan berimbang. Karena penyebab adanya politik bahasa, yaitu dengan adanya tarik menarik antara kekuasaan dan media, serta tingkat kebebasan pers kurang.
“Apapun pasangan media anda saat memihak, luruskan faktanya walaupun akan ada intervensi,” imbaunya saat memberikan materi pada Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Nasional (PINISI) 2018 Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) yang berlangsung di ┬áTraining Room Sophie Paris, ┬áJum’at (6/4).
Ia juga mengatakan bahwa tata kerja wartawan dan kode etik wartawan menjadi penentu untuk menata masa depan Indonesia menjadi lebih baik. (*)
[divider][/divider]
*Reporter: Ulil Afiah Az-zakiyah