Popon Lingga Geni saat membawakan materi Media dan Tahun Politik di Ballroom Menara Pinisi lt. 2 Kamis (5/4) (Foto: Wahyu R)
Popon Lingga Geni saat membawakan materi Media dan Tahun Politik di Ballroom Menara Pinisi lt. 2 Kamis (5/4) (Foto: Wahyu R)

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) hadirkan Wakil Direktur Jaringan Suara Indonesia (JSI) Popon Lingga menjadi pemateri pada Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Nasional (PINISI) 2018. Pelatihan tersebut berlangsung di Ballroom lantai 2 Menara Pinisi, Kamis (5/3).

Pria yang akrab di sapa bang popo ini temembahas Media dan Tahun Politik. Ini merupakan materi pertama pada kegiatan yang bertema Pers dan Tahun Politik.

Popon mengatakan bahwa di tahun politik, peran media tidak sepenuhnya menginformasikan dengan lengkap. Terkadang hanya sebagian saja yang di tulis, seperti hanya pernyataan di satu pihak yang lebih banyak. Padahal menurutnya, media berfungsi memberitakan secara berimbang.

“Media memiliki peran yang sangat vital dalam perubahan di negara ini,” katanya.

Ia juga menambahkan bahwa data itu penting dalam sebuah pemberitaan. Tak hanya pernyataan dari salah satu pihak. Tapi jika data di sebutkan dari sumber terpercaya, itu lebih baik.

“Data itu sangat penting. Karena keakuratan sebuah berita itu berada pada data,” tambahnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 27 peserta yang berasal dari pers kampus di Indonesia. (*)

[divider]

*Reporter: Wahyu Riansyah