Ilustrasi kecelakaan bermotor (Foto: Int.)
Ilustrasi kecelakaan bermotor (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM – Supernova adalah tim yang berhasil menciptakan alat yang dapat mencegah terjadinya kecelakaan dalan berkendaraan bermotor. Tim yang digawangi oleh Anwar dan Kedua rekannya adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Komputer dan Jaringan (PTIK) Universitas Negeri Makassar (UNM).

Alat yang diciptakan oleh mahasiswa Fakultas Teknik (FT) ini bernama Simpedator yang merupakan singkatan dari Sistem Monitoring Pengendara Sepedamotor.

Anwar menjelaskan, bahwa Simpedator tersebut akan memberikan sinyal ketika pengendara motor melajukan kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

“Misalnya sudah di program maksimal kecepatan adalah 90 km/jam, ketika pengendara melewati batas itu maka alat ini secara otomatis memberikan sinyal berupa lampu led ke mata si pengendara,” jelas mahasiswa jurusan elektro ini.

Lebih lanjut mahasiswa ini menuturkan bahwa Simpedator juga dapat mendeteksi kecelakaan dan mengirimkan lokasi terakhir kendaraan tersebut. Dan hal tersebut tentunya dapat membantu jika pemilik motor kehilangan kendaraannya.

“Simpedator tentunya dilengkapi sensor yang dapat mendeteksi kecelakan. Secara otomatis alat ini akan mengirim lokasi terakhir keberadaan kendaraan. Ini juga dapat digunakan jika sesorang kehilangan kendaraannya. Kita bisa memantau lokasi kendaraan kita,” tutur mahasiswa angkatan 2014.

Simpedator ini dapat di pasang pada kendaraan sepedamotor ataupun mobil. Karya dari tim Supernova ini juga pernah menjadi juara III pada lomba yg diikuti oleh 49 universitas di Indonesia tahun lalu. (*)

[divider][/divider]

*Reporter : Endang Sri Wahyuni