Mawapres FE UNM, Fitri Amaliah saat memperlihatkan buku "Orang-Orang Pulau" di Warung Perancis UPT Perpustakaan - (Foto: Kurnia - Profesi)

 

Mawapres FE UNM, Fitri Amaliah saat memperlihatkan buku “Orang-Orang Pulau” di Warung Perancis UPT Perpustakaan – (Foto: Kurnia – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Makassar (UNM), Fitri Amaliah menerbitkan buku “Orang-Orang Pulau”. Buku motivasi tersebut terinspirasi dari anak-anak pulau Lanjukang yang  memiliki segala keterbatasan.

Ia menjelaskan bahwa buku Orang-Orang Pulau merupakan hasil penelitannya dari pulau Lanjukang. Disana, kata Fitri,  masyarakat utamanya anak-anak masih memiliki akses yang terbatas dalam hal pendidikan.

“Karena terlalu sering saya meneliti disana ada banyak fakta yang saya dapatkan disana, mulai dari tidak adanya sekolah, fakta tentang kesehatan dan sebagainya, disitulah saya berpikir kenapa tidak saya membangun sekolah disana,” ungkapnya.

Lanjut, wanita asal Maros ini pun mengungkapkan alasannya memilih pulau Lanjukang sebagai tempat penelitian untuk bukunya. Selain tidak adanya sekolah, ia menilai, Lanjukang memiliki pemandangan indah dan budaya asli yang masih tetap lestari.

“Saya pilih disana karena sebelumnya itu saya sharing dengan beberapa teman dan pada saat itu teman bilang ada  pulau cantik sekali, masyarakat disana juga masih kental sama budayanya banyak orang yang tidak tahu tentang pulau itu, saya pun baru tahu saat itu,” jelasnya.

Terakhir, mahasiswa angkatan 2014 ini berpesan kepada mahasiswa agar tidak ragu untuk memulai menulis. Selain  membudayakan literasi, karya mereka tentu akan sangat bermanfaat untuk semua orang.

“Mahasiswa seharusnya bisa mengembangkan literasinya, Apapun yang kalian rasa itu menarik, apapun yang kalian rasa itu unik, cobalah tuangkan dalam buku karena kita hidup akan dikenang jika kita memiliki karya,” pesannya. (*)

[divider][/divider]

*Reporter: Kurnia Hasan/Editor: Nurul Charismawaty

Share and Enjoy !

0Shares
0 0