Hemat. (Foto: Int)
Hemat. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Pada dasarnya, investasi dapat dilakukan oleh siapa saja, tanpa memandang status dan usia. Begitu pun dengan mahasiswa yang ingin berkecimpung di bidang tersebut.

Namun, kurangnya modal yang dimiliki acap kali membuat mahasiswa enggan berinvestasi secara intens. Meski demikian, investasi tetap saja dapat dilakukan oleh mahasiswa dengan uang bulanan yang dimilikinya.

Berikut tips yang dapat kamu lakukan agar dapat berinvestasi dengan uang jajan yang terbatas:

1. Menabung

Sebelum mulai berinvestasi, mempersiapkan modal adalah hal utama yang harus kamu lakukan, hal ini tentunya dapat kamu lakukan dengan cara menabung.

Besarnya keuntungan yang kamu dapat bergantung pada modal yang dimiliki. Tingkat keuntungan sendiri akan kian meningkat apabila kamu berinvestasi di instrumen yang tepat dan jelas.

2. Membuat Pos Anggaran Keuangan

Membuat pos anggaran keuangan akan sangat membantu untuk mengetahui pos pendapat, pos pengeluaran, dan pos keuntungan saat berinvestasi. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah mengontrol keuanganmu. Hal ini tentunya akan sangat membantu jika terjadi hal buruk.

3. Meminimalisir Utang

Salah satu sifat tamak manusia adalah boros dan tidak cepat puas akan sesuatu. Inilah yang kemudian mendekatkan manusia pada kondisi finansial yang tidak sehat.

Contoh kecil dari dampak yang ditimbulkan adalah utang demi memenuhi segala kebutuhan baik primer maupun sekunder.

Tidak dapat dipungkiri, akibat dari sifat buruk tersebut nantinya akan mempengaruhi investasi yang kamu lakukan.

Solusinya adalah sesuaikan kondisi keuanganmu dengan gaya hidup, dibarengi pula pengontrolan diri untuk tidak hidup boros.

Ketika utang dapat kamu kontrol, tandanya kamu telah siap untuk mulai berinvestasi.

4. Mempelajari Ilmu Investasi

Kamu tidak perlu mempelajari ilmu investasi secara mendalam. Yang perlu kamu lakukan cukup menguasai ilmu dasarnya saja. Seperti suku bunga investasi, cara mencairkan investasi, serta tranksaksi jual beli.

ketikan ilmu dasarnya kamu kuasai, maka dapat dipastikan feedback yang akan dapatkan akan memuaskan.

5. Memilih Instrumen yang Tepat

Sangat banyak intrumen yang dapat digunakan untuk berinvestasi. Misalnya saja saham, emas, deposito dan lain-lain.

Akan tetapi mengingat status mu sebagai mahasiswa, maka bergabunglah pada investasi yang dapat kamu kontrol. Seperti halnya saham, reksa dana, dan deposito.

6. Memantau Investasi

Agar feedback yang diterima memuaskan, sebaiknya kamu lebih sering memantau aset yang diinvestasikan. Yang perlu kamu lakukan cukup memantau naik turunnya grafik dari investasi yang dipilih.

Pemantauan ini hanya dilakukan pada minvestasi saham saja. Sedangkan pada reksa dana dan deposito, feddbaknya telah ditentukan di awal investasi. Tentunya ini berbeda dengan saham, di mana keuntungannya bergantung pada daya beli investor pada saham yang bersangkutan.

7. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Tingkat kebutuhan pada manusia berbeda-beda.Ada yang berani mengambil resiko dan ada pula yang sebaliknya. Maka dari itu, yang perlu kamu lakukan cukup menyesuaikan investasi dengan kepribadian dan kebutuhan mu agar dapat mengelola investasi dengan baik. Hasil yang didapat juga lebih maksimal. (*)

[divider][/divider]

*Penulis: Noval Kurniawan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0