Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) - (Foto: Int.)
Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) – (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerjasama dengan Universitas Negeri Makassar (UNM) membuka rekrument calon guru di Malaysia.

Program ini diadakan dalam rangka memenuhi kebutuhan guru untuk memberi layanan pendidikan bagi anak-anak Indonesia di Malasyia. “Jadi anak-anak kita yang tidak dapat akses pendidikan disana, kita akan beri ruang melalui program ini,” ungkap Ketua Panitia, Darmawang, Minggu (17/3).

Dosen Pendidikan Teknik Otomotif ini menambahkan, hanya empat universitas yang ditunjuk untuk melaksakan rekrument guru ini. Keempat universitas itu merupakan LPTK yang mempunyai kualitas baik di Indonesia.

“Jadi itu salah satu alasannya kita ditunjuk. Selain UNM, ada Universitas Pendidikan Bandung (UPI), Universitas Negeri Medan (Unimed), dan Universitas Negeri Malang (UM),” tambahnya.

Ia membeberkan kuota yang disedikan untuk program ini sebanyak 90 orang calon guru. “Itu kuota nasional. Dan program studi yang terbuka itu ada 13. Pendaftarannya sudah dimulai 11 Maret kemarin dan akan berakhir dibulan April,” bebernya (*)

[divider][/divider]

*Reporter: Resa Saputra