Santri Madrasah Aliyah. (Foto: Int)
Santri Madrasah Aliyah. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) membuka Pendaftaran Program Beasiswa masuk Perguruan Tinggi (PT) bagi Santri Berprestasi (PBSB). Hal tersebut diumumkan, Kamis(15/3) di laman resminya, Kemenag.go.id.

Pendaftaran program beasiswa ini mulai dibuka tanggal 15 Maret dan berakhir pada 15 April mendatang.

Dilansir dari website resmi PBSB, pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id, Direktur Jendral (Dirjen) Pendidikan Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan program tersebut bertujuan memperluas akses santri berprestasi melanjutkan pendidikan ke sejumlah Perguruan Tinggi ternama di Indonesia.

Program ini sudah berjalan lebih sepuluh tahun. Faktanya, para santri saat diberi kesempatan, mereka terbukti tidak kalah dengan siswa lain. Prestasi mereka di perguruan tinggi sangat gemilang,” ujar Kamaruddin di Jakarta, Rabu (14/3).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren), Ahmad Zayadi menjelaskan, kuota beasiswa PBSB tahun ini berjumlah 290 dan tersebar di 14 Perguruan Tinggi Mitra (PTM). Ia juga menjelaskan santri yang lolos nantinya akan mendapatkan biaya perkuliahan dan dana pembinaan.

“Selain mendapat biaya perkuliahan, para santri yang lolos seleksi PBSB ini nantinya akan mendapat insentif bulanan serta dana pembinaan,ā€¯ujarnya

Empat belas PTM tersebut terdiri dari tujuh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), antara lain, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Walisongo Semarang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan UIN Alauddin Makassar.

Sedangkan tujuh PTM lainnya adalah perguruan tinggi umum, yakni Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Cendrawasih (Uncen) Jayapura, dan Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Jakarta. (*)

*Citra Jati Utami