Supriadi Torro saat mempresentasikan hasil Disertasinya di Aula Lt.5 Gedung PPs UNM (15/3). (Foto: Wahyudin-Profesi)
Supriadi Torro saat mempresentasikan hasil Disertasinya di Aula Lt.5 Gedung PPs UNM (15/3). (Foto: Wahyudin-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Supriadi Torro, Dosen Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Universitas Negeri Makassar (UNM), resmi mendapat gelar Doktor, setelah melakukan penelitian di bidang pendidikan dengan judul ‘Pelaksanaan Pembelajaran Home Schooling di Kota Makassar’.

Presentasi disertasi tersebut berlangsung dalam prosesi promosi doktor, Kamis (15/3) di lantai 5 Program Pascasarjana UNM.

Dalam disertasinya, ia menjelaskan homeschooling dapat menjadi solusi pendidikan di masa yang akan datang, dan dapat menutupi kekurangan sekolah biasa. Dikarenakan homeschooling dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih intens, dan menyenangkan.

Homeschooling bisa menjadi alternatif pendidikan formal. Melihat pengalaman belajar yang tidak menekan siswa, dan menghasilkan produk kognitif yang lebuh baik dari sekolah formal,” jelasnya.

Lanjut, dia mengatakan meski dengan beragam keunggulan, homeschooling masih membutuhkan pengakuan lebih oleh pemerintahan.

Pembuatan buku panduan, dan kurikulum khusus dapat pula dilakukan untuk semakin meningkatkan kualitas homeschooling.

“Harus ada pengakuan yang sama antara siswa homeschooling, dan sekolah formal. Kita juga bisa mengadakan buku panduan khusus serta kurikulum, agar implementasi homeschooling makin baik lagi,” lanjutnya.

*Reporter: Faisal Fajar