Kegiatan Travo Mahasiswa PLB UNM di Aula Laboratorium FIP UNM, Sabtu (10/3). (Foto: Ist)
Kegiatan Travo Mahasiswa PLB UNM di Aula Laboratorium FIP UNM, Sabtu (10/3). (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Luar Biasa (PLB) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan kegiatan Training Advokasi (Travo). Kegiatan tersebut bertema ‘Tanggap dan Tuntaskan Masalah dengan Mengenal Advokasi’ berlangsung di Aula Laboratorium Terpadu FIP UNM, Sabtu (10/3).

Ketua Bidang Sosial dan Politik, Lilis Agustina mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan serta wawasan tyentang mengadvokasi, menanggapi, dan mengetahui keputuan yang diambil dalam suatu masalah pada disabilitas. Tak hanya itu, pada kegiatan Travo ini peserta diberikan pemahaman mengenai payung hukum yang sesuai dengan permasalahan yang mencuat.

“Travo yang digelar oleh HMJ PLB ini tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa cara mengatasi permasalahan yang terjadi”, ujarnya.

Lanjut, mahasiswa angkatan 2015 ini mengharapkan dengan kegiatan Travo ini, mahasiswa PLB dapat tanggap dan menuntuntaskan masalah terkait disabilitas. Kemudian menerapkan segala ilmu yang sesuai dengan masalah yang terjadi pada kehidupan kalangan disabilitas.

“Semoga mahasiswa PLB mampu menerapkan ilmu yang didapatkan pada kegiatan Travo ini”, harapnya.

Adapun materi yang dipaparkan dalam kegiatan tersebut tentang investigasi sosial analisis klas (ISAK), problem disabilitas, dan sistem pendidikan nasional, yang dihadiri sebanyak 55 peserta.(*)


*Reporter: Ulil Afiah Az-zakiyah – Editor: Anggi Prakasi.