Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad (Foto: Dasrin - Profesi)
Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad (Foto: Dasrin – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad mengatakan salah satu permasalahan besar bangsa ini ialah kurangnya integritas anak bangsa. Sehingga banyak korupsi yang terjadi disana sini.

“Di Indonesia banyak yang korupsi karena kurangnya integritas dan kesadaran bangsa. Moral anak bangsa masih sangat minim,” katanya saat menjadi pemateri seminar Road Show Kami Indonesia dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Makassar (UNM) di ruang Teater Menara Pinisi, Sabtu (10/3).

Abraham juga menjelaskan bahwa permasalahan tersebut bisa diatasi hanya melalu pendidikan. Disinilah peran penting seorang guru dalam mendidik anak bangsa sebagai generasi penerus kedepan. Karena menurutnya, korupsi bukan hanya dilakukan oleh pejabat negara, tetapi korupsi terbesar ialah berbohong kepada masyarakat.

“UNM sebagai perguruan tinggi pencetak guru memiliki peran penting bagi masa depan bangsa. Karena integritas generasi dibentuk sejak di dunia pendidikan,” jelasnya.

Ia pun berpesan kepada mahasiswa agar turut serta memberi kontribusi untuk membangun sebuah peradaban. Karena ditangan pemuda masa depan bangsa terwujud.

“Mulai masa kemerdekaan, peran pemuda tidak pernah lepas dalam membawa perubahan,” pesannya. (*)

[divider][/divider]

*Reporter: Wahyudin