Choufle, kue susi isi sayur karya mahasiswa PKK FT UNM (Foto: Ist.)
Choufle, kue susi isi sayur karya mahasiswa PKK FT UNM (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Sayur dan buah merupakan produk pangan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, seng, kalium, fosfor, dan asam folat yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit.

Meskipun begitu, tak dapat dipungkiri, masih banyak orang yang kurang menyukai untuk mengonsumsi buah dan sayuran.

Melihat permasalahan tersebut, lima mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM), Nurul, Lia, Mifta, Indra dan Sulham ciptakan inovasi baru yang diperuntukkan bagi siapa saja yang tak menyukai buah dan sayuran, namun tetap harus memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Olahan makanan yang unik, enak dan sehat ini mulanya diciptakan selain sebagai kebutuhan nutrisi sehari-hari, makanan ini juga memberikan peluang usaha yang menjanjikan.

Berawal dari tugas kewirausahaannya, terbesit ide yang menjanjikan untuk membuat olahan berbahan dasar buah ataupun sayur yang berjuluk Choufle. Choufle terdiri atas coux dengan fla yang dicampur dengan sari sayuran atau pun buah.

Ketua Tim, Nurul menjelaskan, istilah Choufle diciptakan tentunya untuk anak atau pun orang dewasa yang tidak menyukai buah dan sayur. Cita rasa manis yang biasa terdapat pada kue sus tetap ada. Meskipun berbahan dasar buah dan sayur.

“Choufle sendiri memiliki arti yaitu choux fruit and vegetable, pemilihan nama ini dinilai unik dan mampu menarik minat pembeli. Yang membedakannya choufle dengan choux pada umumnya yaitu isiannya yang berbahan dasar sayuran dan buah,” jelasnya. (*)

[divider][/divider]

*Tulisan ini telah terbit di Tabloid Profesi edisi 222

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0