Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) saat membuat Choufle (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Lima mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM), Nurul, Lia, Mifta, Indra dan Sulham menemukan inovasi baru yang diperuntukkan bagi siapa saja yang tak menyukai buah dan sayuran, namun tetap harus memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Inovasi tersebut yakni Choufle, Kue Susi yang berisi sayur dan buah.

Nurul pun membeberkan, proses pembuatan fla pun juga memanfaatkan sari sayuran yang telah dihaluskan untuk men jadi isian fla. Kemudian, dicampur dengan bahan dasar kue lainnya, seperti gula, susu cair, dan maizena.

“Lalu dimasak hingga mengental seperti pembuatan fla pada umumnya, untuk sayuran sendiri yang digunakan yaitu wortel dan bayam,” bebernya.

Nurul menambahkan, untuk menciptakan daya tarik yang bagus bagi konsumen, ia menambahkan sedikit pewarna makanan. Serta garnish untuk mempermanis tampilan. Menurutnya, proses ini terbilang sulit lantaran harus memenuhi minat pembeli yang suka dengan rasa manis.

“Dalam pengolahan coux sedikit saja tahap yang salah akan mempengaruhi semuanya, dan kesulitan lainnya yaitu bagaimana mengubah rasa sayuran agar bisa di terima di lidah masyarakat yang umumnya sayuran itu asin kini diolah menjadi manis,” tambahnya. (*)

[divider][/divider]

*Tulisan ini telah terbit di Tabloid Profesi edisi 222

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0