Workshop Manajemen Referensi Zotero Komunitas Laboratorium (Lab) Administrasi Pendidikan (AP) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) - (Foto: Ulil - Profesi)
Workshop Manajemen Referensi Zotero Komunitas Laboratorium (Lab) Administrasi Pendidikan (AP) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) – (Foto: Ulil – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Komunitas Laboratorium (Lab) Administrasi Pendidikan (AP) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) mensosialisasikan cara untuk menghindari plagiarisme melalui Workshop Manajemen Referensi Zotero. Kegiatan ini berlangsung di Lab AP FIP UNM, Jumat (2/3).

Kepala Lab AP FIP UNM, Faridah Ohan menuturkan Zotero yang merupakan bahan workshop kali ini, merupakan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan pengerjaan karya tulis ilmiah. Aplikasi ini dapat pula mengasah kemampuan mahasiswa dalam membuat tulisan, dan mencegah penjiplakan.

“Zotero merupakan manajemen referensi, yang sering digunakan ketika ingin menulis karya ilmiah, menyusun skripsi, dan karya tulis lainnya. Zotere juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa dan mencegah plagiarisme,” tuturnya.

Dosen asal Makassar ini, berharap kegiatan ini dapat memicu semangat menulis mahasiswa. Ia berharap melalui workshop ini bisa menghasilkan mahasiswa yang memiliki kemampuan menulis yang lebih baik lagi.

“Semoga mahasiswa lebih giat dan bersemangat untuk menulis. Dan semoga setelah Workshop ini juga, mahasiswa mampu menulis secara akademik dengan cara yang benar,” harapnya. (*)

[divider][/divider]

*Reporter: Ulil Afiah Az-zakiyah / Editor: Faisal Fajar