Universitas Indonesia (UI). (Foto: Int)

 

PROFESI-UNM.COM – Pemeringkatan green campus bukan sekadar untuk mencari siapa yang tertinggi, melainkan untuk menilai komitmen perguruan tinggi untuk menjaga lingkungan. Menurut standar UI Green Metrics World University Ranking, kampus hijau dapat diukur dari indikator seperti statistik kehijauan kampus, pengelolaan sampah energi dan perubahan iklim, penggunaan air, transportasi, dan Pendidikan.

Bedasarkan data penilaian UI Green Metric pada tahun 2017 yang diikuti oleh 619 perguruan tinggi di dunia, berikut daftar 10 kampus terhijau versi UI Green Metrics World University;

1. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat pertama di tingkat nasional masih diduduki oleh Universitas Indonesia. Sedangkan di tingkat dunia, UI naik tangga menempati ranking 23 yang sebelumnya 31. Skor total yang diperoleh yaitu 6519.

Bagi mahasiswa UI atau siapa pun yang pernah main ke kampus ini pasti gak heran lagi dengan suasana rindangnya kampus ini. Ada bikun sih, bis kampus yang berkontribusi mengurangi volume kendaraan bermotor lain di area kampus. Dan yang gak kalah penting, lihat saja lebat pepohonanan dan vegetasinya. Bikin sejuk!

2. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Kampus pertanian ini menempati peringkat kedua se-nasional, menggeser posisi ITS. IPB juga naik lima tingkat dari rangking 57 di tahun lalu, menjadi 52 di level internasional.

Dari seluruh indikator yang dinilai, IPB mendapatkan skor 6076. Kampus pertanian ini sebagian areanya merupakan hutan asli yang lengkap dengan berbagai keanekaragaman hayatinya lho. Bisa dibayangin kan bagaimana ademnya.

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Berlokasi di Surabaya, ITS menempati tangga ranking ketiga di tingkat nasional dan 57 di level dunia. Skor keseluruhan yang diperoleh yaitu 6059. Kampus teknik ini 60% wilayanya terdiri dari pepohonon, rumput dan tanaman hijau. Selain itu ITS telah menerapkan berbagai upaya untuk efisiensi sumber daya air, listrik, pegelolaan sampah, penggunaan kertas, dan pemanfaatan lahannya.

4. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Di peringkat ke-4 ada Universitas Negeri Semarang yang naik peringkat dari tahun lalu di ranking 6. Di tingkat dunia, UNNES juga berhasil naik tangga dari posisi 95 ke posisi 84. Skor yang diperoleh kampus ini sebanyak 5785.

Kampus dengan julukan “Kampus Konservasi” ini menunjukkan komitmennya menjadi green campus dengan berbagai upaya seperti penanaman pohon, pembangunan jalur pedestrian, dan mengurangi aktivitas kendaraan bermotor di kampus.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Di tingkat nasional, UNS mempertahankan posisinya di peringkat ke-5. Namun mendapat urutan ke- 95 di level internasional, turun ranking dari yang sebelumnya di posisi 76. Kampus yang berlokasi di Surakarta ini mempunyai lahan hijau yang tersebar di hamper penjuru wilayahnya. Termasuk dalam kategori green campus, UNS juga menjadi percontohan bagi perguruan tinggi lain.

Perguruan tinggi berlomba-lomba mewujudkan kampus yang berwawasan hijau lingkungan. Selain untuk memerangi pemanasan global, green campus diarasa perlu agar terwujud lingkungan yang sehat dan ramah untuk kita semua. Juga tentu saja buat kamu, sehingga semangat belajarmu lebih meningkat.

6. Universitas diponegoro (UNDIP)

UNDIP menempati peringkat ke-6 sebagai Universitas paling hijau di Indonesia berdasarkan data dari Green Metric Ranking of World Universities atau pemeringkatan universitas paling hijau. Hasil penilaian memanfaatkan bobot nilai, terdiri dari statistik kehijauan universitas skor 5643, infrastuktur skor 773, pengelolaan sampah skor 1101, energi serta perubahan iklim skor 1132, pemakaian air skor 545, transportasi skor 1062, serta pendidikan skor 1030. UNDIP juga menempati urutan 103 dunia sebagai kampus paling hijau. akan tetapi turun drastis dari rangking dari sebelumnya peringkat 69.

Kampus yang berlokasi di Semarang ini memiliki luas areal 180 hektare, 70 persen di antaranya dijadikan Undip sebagai ruang terbuka hijau. Ada juga gerakan penanaman pohon yang diperuntukkan sebagai penghijauan.

7. Universitas Brawijaya (UB)

UB menempati peringkat ke-7 sebagai Universitas paling hijau di Indonesia berdasarkan data dari Green Metric Ranking of World Universities atau pemeringkatan universitas paling hijau. Kampus yang berlokasi di Malang ini menempati urutan 161 dunia dari peringkat sebelumnya 119 dunia sebagai kampus paling hijau. UB memiliki statistik kehiajuan 5191.

Kampus dengan moto Building Up Noble Future ini menyiapkan research plan. Research plan ini meliputi pematenan produk yang berbasis lingkungan, block grand, green energy program dan energi alternatif. UB memiliki lahan parkir seluas 6,5 hektar dan luasan ruang terbuka hijau 13,85 hektar.

8. Universitas Islam Indonesia (UII)

UII menempati peringkat ke-8 sebagai universitas paling hijau di indonesia berdasarkan Green Metric Ranking of World Universities atau pemeringkatan universitas paling hijau. kampus yang berlokasi di Yogyakarta ini adalah kampus swasta pertama di indonesia yang mendapat green campus dengan peringkat dunia 167 dengan skor 5171.

Predikat kampus hijau dimiliki UII karena kampus tersebut berkomitmen tinggi dan giat dalam mengembangkan pelestarian alam secara berkelanjutan. Hutan kampus yang ada di UII adalah buatan yang tadinya berupa lahan gersang. UII juga terus meningkatkan program penanaman 1.000 pohon yang dilakukan oleh mahasiswa baru.

9. Telkom University (Tel-U)

Telkom University menempati peringkat ke-9 sebagai Universitas paling hijau di Indonesia berdasarkan data dari Green Metric Ranking of World Universities atau pemeringkatan universitas paling hijau. kampus dengan skor 5116 Telkom University juga menempati urutan 182 dunia sebagai kampus paling hijau.

Sekaligus sebagai kampus swasta kedua yang mendapat peringkat green campus di Nusantara. kampus yang berlokasi di Bandung ini berkomitmen untuk mengebangkan sebuah lingkugan kampus yang hijau yang berwawasan lingkungan.

10. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Universitas Padjadjaran menempati peringkat ke-10 sebagai Universitas paling hijau di Indonesia berdasarkan data dari Green Metric Ranking of World Universities atau pemeringkatan universitas paling hijau. kampus yang berlokasi di Bandung ini meiliki moto ”Menjadi Universitas Unggul dalam Penyelenggaraan Pendidikan Kelas Dunia Tahun 2026”

Kampus dengan julukan “universitas dengan banyak kampus” ini mendapat skor 5101 dengan menempati urutan 184 dunia yang berada di bawah Telkom University yang cuma terpaut 15 skor.(*)

*Penulis: Muh Hasnur