Logo Resmi Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) - (Foto: Int.)
Logo Resmi Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) – (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM – Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjenbelmawa) tahun 2018 mengadakan lomba debat berbahasa Inggris, National University Debating Championship (NUDC) dan lomba debat berbahasa Indonesia, Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI).

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 28 hingga 31 Agustus 2018. Sedangkan NUDC akan dilaksanakan pada tanggal 26 hingga 31 Agustus 2018.

Ada empat tahapan lomba NUDC dan KDMI ini yakni tingkat perguruan tinggi, tingkat wilayah, tingkat nasional, dan tingkat internasional.

Tahapan untuk di perguruan tinggi, ditentukan satu tim NUDC terbaik yang terdiri atas dua mahasiswa sebagai Debater dan satu Adjudicator, satu tim KDMI terbaik yang terdiri atas dua mahasiswa sebagai Debater dan satu Adjudicator. Setelah itu, perguruan tinggi mendaftarkan satu tim NUDC dan satu tim KDMI terbaik ke Kopertis Wilayah masing-masing.

Seleksi di tingkat nasional akan diikuti oleh 112 tim NUDC dan 14 tim KDMI yang merupakan pemenang tingkat wilayah I sampai dengan XIV sesuai kuota. Adapun jumlah keseluruhan peserta NUDC tingkat nasional berjumlah 336 orang yang terdiri atas 224 mahasiswa Debaters dan 112 orang N1 Adjudicators; sedangkan jumlah keseluruhan peserta KDMI tingkat nasional berjumlah 56 orang yang terdiri atas 42 mahasiswa debaters dan 14 orang N1 Adjudicators.

Satu tim NUDC terbaik setelah tujuh babak penyisihan dan dua tim NUDC terbaik pada Grand Final Main Draw akan diprioritaskan untuk mewakili Indonesia mengikuti debat tingkat dunia World University Debating Championship (WUDC) 2018 di Cape Town, Afrika Selatan.

Untuk informasi lebih lengkap, dapat melihat pedoman umum NUDC dan KDMI tahun 2018 di http://belmawa.ristekdikti.go.id/.

*Sumber: Laman resmi Belmawa

[divider][/divider]

*Reporter: St. Rezky Amelia / Editor: Wahyudin