Qawiyyan Fitri, Mahasiswa FIP UNM. (Foto: Agung-Profesi)
Mahasiswa UNM. (Foto: Agung-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Bagi kalangan mahasiswa terutama mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang lebih dominan mahasiswa yang menggunakan hijab. Rambut rontok salah satu permasalahan yang tidak dapat dipungkiri oleh Mahasiswa berhijab.

Penyebab dari rambut rontok itu ada tiga yaitu keturunan (gen), penyakit, dan gaya hidup. Adapun gaya hidup yang perpengaruh dalam masalah rambut rontok yaitu dalam penggunaan hijab.

Lalu, bagaimanakah cara mengatasi agar hijab yang dikenakan tidak lagi menyebabkan rambut  rontok, terutama bagi mahasiswa UNM agar tidak rontok lagi?

Berikut tips agar mengurangi rambut rontok saat menggunakan hijab:

  1. Jangan terlalu sering menggunakan ciput atau dalaman hijab terlalu lama. Memakai ciput terlalu lama ternyata memberikan efek tekanan pada rambut yang berakibat rontok.
  2. Kurangi mengingat rambut yang cenderung terlalu kencang saat menggunakan hijab. Kebiasaan yang para mahasiswa lakukan mengikat rambut dengan kencang, hal tersebut juga akan membuat rambut rontok.
  3. Cara mengatasinya cukup minimalisir membuat tekanan pada rambut saat mengikatnya dengan memilih hijab yang bervariatif dalam sehari. Kemudian berikan asupan nutrisi lewat makanan dan rutin berolahraga yang ternyata sangat membantu dalam menjaga kekuatan rambut.(*)

*Anggi Prakasi