Gedung Science Square FMIPA UNM - (Foto: Dok. Profesi)

 

Gedung Science Square FMIPA UNM – (Foto: Dok. Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Membludaknya kuantitas mahasiswa aktif Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang tak sebanding dengan sarana ruang kuliah tentu menjadi salah satu ketimpangan dari kampus pencetak ilmuwan sains ini.

Jika ditelisik, terdapat sejumlah keluhan akibat ketimpangan tersebut. Sebut saja Agung Prawijaya, Ketua Himpunan Jurusan Geografi ini membenarkan bahwa jumlah mahasiswa tak sebanding dengan fasilitas ruangan yang disiapkan.

Ia mengeluhkan, sarana perkuliahan yang tak memadai di jurusannya tak mampu menampung banyaknya mahasiswa aktif. Akibatnya, aktivitas perkuliahan pun tak berjalan kondusif.

“Jumlah Mahasiswanya banyak, sedangkan ruangan perkuliahan sedikit,” katanya.

Tak sampai di situ, Ketua Himpunan Mahasiswa Program Study (HMPS) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Yusuf pun angkat bicara. Ia mengatakan jumlah ruang perkuliahan di Prodi Pendidikan IPA pun tak cukup, karena tak ada jatah dari fakultas.

Apalagi, prodi yang sudah berdiri sejak lima tahun silam ini, hanya bertumpu pada tiga buah ruang perkuliahan dengan jumlah mahasiswa aktif sebanyak 262 orang.

“Kalau di Prodi Pendidikan IPA itu ruangan perkuliahannya cuma tiga, karena tidak mendapat jatah ruangan di fakultas,” keluhnya. (*)

*Reporter: Dasrin