Salah satu prasarana Kampus UNM, Gedung Kupu-kupu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), belum ada tindak lanjut yang dilakukan oleh kepemimpinan Husain Syam selama hampir dua tahun. (Foto: Dasrin - Profesi)
Menara Tallu Cappa, salah satu gedung di Universitas Negeri Makassar (UNM) yang mangkrak yang berada di Program Pascasarjana (PPs). (Foto: Dasrin – Profesi)

PROFESI-UNM.COM Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan akan menyelesaikan gedung mangkrak di sejumlah perguruan tinggi di tanah air tahun ini.

“Kami sudah ajukan ke Presiden Jokowi, nanti akan diselesaikan melalui Inpres pata 2018,” katanya seperti yang dikutip dari ANTARA News.

Dia menjelaskan hampir disetiap perguruan tinggi terdapat gedung mangkrak atau yang belum selesai. Total dana yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan gedung maupun rumah sakit pendidikan yang mangkrak tersebut mencapai Rp 9,7 triliun.

“Sedangkan untuk laboratorium dibutuhkan dana sekitar Rp 60 triliun lagi,” jelasnya.

Ia sebutkan jumlah perguruan tinggi negeri (PTN) yang mempunyai gedung mangkrak sebanyak 122 PTN. Dari jumlah tersebut, sebanyak 36 di antaranya merupakan PTN baru. (*)

[divider][/divider]

*Reporter: Dasrin