Verifikasi berkas hari pertama mahasiswa baru jalur SNMPTN dan SBMPTN sebelum mengikuti proses wawancara penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Halaman Auditorium Amanagappa UNM. (4/7) . (Foto: Dasrin-Profesi)
Verifikasi berkas hari pertama mahasiswa baru jalur SNMPTN dan SBMPTN sebelum mengikuti proses wawancara penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Halaman Auditorium Amanagappa UNM. (Foto: Dasrin-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Ada empat ketentuan umum pada pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pendaftaran SNMPTN 2018 dibuka sejak 21 Februari lalu.

Bagi kalian siswa yang ingin mendaftar SNMPTN 2018 harus memenuhi ketentuan umum. Berikut ketentuan umum SNMPTN 2018.

1. SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun, serta portofolio.
2. Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
4. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahaiswa baru di PTN tersebut.(*)

[divider][/divider]

*Reporter: Muh Hasnur