Semarak Pekan Bahasa Arab HMPS PBA UNM. (Foto: Kurnia-Profesi)

 

Semarak Pekan Bahasa Arab HMPS PBA UNM. (Foto: Kurnia-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Dalam rangka mengajak peserta mahir berbahasa Arab, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) FBS menggelar Semarak Pekan Bahasa Arab. Kegiatan ini digelar di Gedung Pusat Bahasa Arab, Kamis (15/2).

Ketua Panitia, Chusnul Muhammad menjelaskan, kegiatan tersebut mengambil tema “Mengimplementasikan Intelektualitas Remaja, Milenial dalam Berbahasa Arab Melalui Persaingan Edukatif”. Dengan maksud memberi pemahaman peserta terkait bahasa Arab.

Sekaligus agar HMPS PBA dapat eksis dikalangan peserta yang notabene merupakan pelajar SMA.

“Dengan diadakannya kegiatan ini menarik perhatian dan meningkatkan eksistensi PBA FBS UNM kepada para calon mahasiswa baru di seluruh kawasan indonesia timur,” jelasnya.

Lanjut, ia mengatakan, jika pihaknya ingin memperkenalkan bahasa Arab sebagai bahasa global.

Menurut Chusnul, hal tersebut patut diketahui dan dipakai oleh umat muslim di seluruh Indonesia. “Memperkenalkan serta mensyi’arkan bahasa Arab sebagai bahasa yang telah menjadi bahasa global khususnya dikalangan muslim dunia,” katanya.

Ia pun berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi awal yang bagus untuk tetap mensosialisasikan bahasa Arab. Bukan hanya itu, dari Pekan Bahasa Arab bisa memberi dampak yang bagus bagi peserta juga prodi nantinya.

“Dan dari kegiatan ini pula menjadikan prodi bahasa arab bisa mendapatkan calon kader mahasiswa yang unggul, kreatif dan terampil yang siap dan mampu bersaing menghadapi kondisi global” tuturnya.

Sementara itu, terdapat enam item kegiatan dalam Pekan Bahasa Arab ini. Diantaranya, lomba cerdas cermat, musabaqah tilawatil quran, pidato bahasa arab, kaligrafi, akustik, dan musabaqah syahril quran. Pesertanya sendiri merupakan pelajar SMA/MA/Pesatren se-Sulsel, dan jumlah peserta sebanyak 21 sekolah. (*)

*Reporter: Kurnia Hasan/Editor: Nurulcha