Tips Menghemat Uang. (Foto: Int)
Tips Menghemat Uang.
(Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Menjadi mahasiswa bukanlah hal yang mudah. Kamu akan memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan lebih banyak dibanding saat masih bersekolah. Apalagi jika sudah memutuskan untuk merantau atau jauh dari orangtua.
Bagi mahasiswa rantau, orangtua biasanya memberikan uang bulanan yang harus kita kelola sendiri. Hal tersebut membuat kita harus pintar-pintar untuk berhemat.

Berikut beberapa tips untuk berhemat:

1. Buat Anggaran
Masa saat bersekolah dengan keadaan masih bersama orangtua berbeda pada saat kita telah menjadi seorang mahasiswa rantau. Hal tersebut membuat kita harus memikirkan berapa uang yang dihabisakn dalam sehari. Caranya, buatlah anggaran sendiri dengan menuliskan pemasukan dan mulailah mnghitung kemungkinan pengeluaran selama satu bulan kedepan.

2. Minimalkan Utang
Kurangi keinginan untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan. Kadang, sebagai anak perantauan kamu tergoda untuk jalan-jalan ke pusat perbelanjaan atau ke tempat makan bersama teman-teman. Ada beberapa teman yang akan menawarkan untuk meminjam uangnya terlebih dulu. Sebaiknya hindari meminjam uang, apalagi dalam jumlah banyak. Karena hal ini akan menjadi kebiasaan yang buruk.

3. Cari Diskon
Sebagai mahasiswa perantauan, kamu harus jeli dalam mencari informasi mengenai tempat makan, pusat perbelanjaan, dan tempat hiburan lain yang sering menawarkan diskon. Biasanya, disekitar kampus banyak tempat-tempat yang menawarkan diskon bagi mahasiswa.

4. Lebih Baik Meminjam Daripada Membeli
Sebagai anak rantau, kamu harus belajar bersosialisasi yang baik agar tidak perlu membeli buku atau perlengkapan kuliah lain. Kamu bisa meminjamnya dari teman, senior atau bisa meminjam di perpustakaan kampus. Selain itu, bisa mencari di internet e-book dari buku, yang terpenting adalah kamu harus sadar bahwa saat ini sedang jauh dari orangtua. Pikirkan kemungkinan-kemungkinan atau kebutuhan-kebutuhan mendadak yang harus kamu keluarkan jika terjadi apa-apa. Jadi rajin-rajinlah menyisihkan uang bulanan agar ketika ada kebutuhan mendadak, kamu tidak perlu merepotkan orangtua dengan meminta uang jajan tambahan.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan mahasiswa perantauan agar dapat menghemat uang bulanan dari orang tua. Semoga bermanfaat. (*)


*Irham Nur – Editor: Anggi Prakasi

Share and Enjoy !

0Shares
0 0