Kepala Bagian Pengendalian Pelaksana (Kabag Dalpres) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel), Eko Wagiyanto saat memeaparkan disertasinya saat acara promosi doktor di Ruang Teater Menara Pinisi, Rabu (24/1) - (Foto: Sauki - Profesi)
Kepala Bagian Pengendalian Pelaksana (Kabag Dalpres) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel), Eko Wagiyanto saat memeaparkan disertasinya saat acara promosi doktor di Ruang Teater Menara Pinisi, Rabu (24/1) – (Foto: Sauki – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Kepala Bagian Pengendalian Pelaksana (Kabag Dalpres) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel), Eko Wagiyanto meraih gelar Doktor di Program Pasca Sarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar. Sidang Promosi Doktor Eko berlangsung di Ruang Teater Menara Pinisi, Rabu (24/1).

Kabag Dalpres Polda Sulsel ini menuturkan, disertasi yang dilakukan pada program Doktor tersebut berjudul ‘Implementasi Kebijakan Kepolisian Republik Indonesia dalam Pembinaan Masyarakat melalui Program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB). Disertasinya tersebut ia lakukan di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

“Pembangunan yang dilakukan pemerintah di segala bidang tidak sepenuhnya dapat berjalan dengan optimal. Demikian juga di bidang sumber daya manusia terutama di sektor pendidikan, masih banyak anak-anak yang putus sekolah di skala nasional, regional maupun tingkat daerah tidak terkecuali di mamuju provinsi Sulbar,” katanya.

Untuk itu, lanjut Eko, Polres Mamuju melakukan suatu program yang dinamakan GKB. Ini untuk mengembalikan anak putus sekolah umur 7-15 tahun yang masih di usia wajib bajar.

“Untuk kembali bersekolah Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibnas) dengan sistem door to door,” tambahnya.

Pria asal Semarang ini juga mengungkapkan alur dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan fasilitator kepada Bhabinkamtibnas Polda Sulbar terlebih dahulu.

“Awalnya kita berikan pelatihan fasilitator kepada Bhabinkamtibnas Polda Sulbar. Mereka diberikan pembekalan mengenai cara mendata maupun memberikan motivasi kepada anak-anak putus sekolah dan hasilnya direkap,” ungkapnya

Promosi Doktor tersebut dipimpin langsung Rektor UNM, Husain Syam. Selain itu, Direktur PPs UNM, Jasruddin dan Kepala Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Haedar Akib turut hadir sebagai penguji.

Tak hanya itu, Bupati Mamuju, Habsi Wahid juga turut hadir pada promosi Doktor Eko Wagiyanto. (*)


*Reporter: Muh. Sauki Maulana / Editor: Wahyudin

Share and Enjoy !

0Shares
0 0