(Foto: Dok. Profesi)
Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar (UNM) – (Foto: Dok. Profesi)r 

PROFESI-UNM.COM – Tahun 2017 telah berlalu, dan saat ini Universitas Negeri Makassar (UNM) mulai lagi membuka lembaran baru dan melanjutkan program kerja yang belum selesai. Mulai dari bulan Januari hingga Desember, berbagai macam peristiwa telah terjadi di masa kepemimpinan Husain Syam yang hampir dua tahun ini.

Berikut Kaleidoskop di UNM sepanjang tahun 2017 mulai dari bulan Januari hingga Desember.

Januari: Tarif penyewaan sejumlah ruangan fantastis

Ruang Teater Menara Pinisi UNM (Foto: Dok. Profesi)

Diketahui pada bulan Januari 2017, pihak birokrasi rupanya telah mengeluarkan tarif baru penyewaan di sejumlah ruangan. Ballroom yang sebelumnya Rp 500.000 naik dua kali lipat menjadi Rp 1 juta. Sementara itu, Auditorium Amanagappa dipatok sebesar Rp 1 Juta. Terlebih, yang menjadi perhatian mahasiswa ialah Ruang Teater Lantai 3 Menara Pinisi. Harga yang dipatok sebesar Rp 7 juta di jam kerja dan Rp 8 juta di luar jam kerja.

Februari: Akhir Penantian BEM-Maperwa UNM

Pelantikan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Universitas Negeri Makassar (UNM) – (Foto: Dok. Profesi)

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Universitas Negeri Makassar (UNM akhirnya terbentuk melalui musyawarah besar yang digelar 10 Februari lalu. Sebelumnya, dua Lembaga Kemahasiswaan (LK) ini sempat vakum selama dua periode kepengurusan.

Maret: Bentrok terulang lagi

Bentrok di Kampus Universitas Negeri Makassar (UNM Sektor Parangtambung (Foto: Dok. Profesi)

Hampir setiap tahun, kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) sektor Parangtambung kerap menjadi “arena” bagi oknum untuk saling serang. Kericuhan ini pun kembali terjadi di bulan Maret. Tepatnya Senin (13/3), berawal dari penyerangan yang dilakukan orang tak dikenal hingga kemudian dua kubu di kampus tersebut memanas.

April: Minta Ganti Mobil Dinas Pembantu Rektor

Mobil Rektor UNM sedang parkir di Pelataran Menara Pinisi (Foto: Dok. Profesi)

April 2017, pengadaan mobil dinas baru dicanangkan birokrasi. Rencana ini berawal saat Tim Asesor Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi BAN-PT melakukan visitasi di UNM. Terlihat pelat merah kendaraan dinas Pembantu Rektor (PR) terpajang pada mobil bermerek Alphard. Mobil itulah yang digunakan menemani tim asesor mengelilingi kampus. Sebelumnya, kendaraan dinas yang kerap dipakai ialah jenis Innova.

Mei: KKN berujung maut

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Makassar (UNM) semester genap tahun akademik 2016/2017 menyisakan sebuah duka. Dua peserta dari KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Kabupaten Wajo ini mengalami kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Woddi, Desa Watutoa, Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng, Kamis (11/5).

Juni: UNM raih akreditasi tertinggi dari BAN PT

Usai divisitasi oleh tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 3 April, tepatnya 12 Juni lalu kini Universitas Negeri Makassar (UNM) akhirnya resmi meraih akreditasi A. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan No.1465/ SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2017.

Juli: Dilema jalur mandiri dan UKT mahasiswa semester sembilan

Dialog lembaga kemahasiswaan dan jajaran pimpinan Universitas Negeri Makassar (UNM) membahas biaya UKT di Ruang Rektor lantai 7 Menara Pinisi (Foto: Dok. Profesi)

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Mandiri (PMBM) Universitas Negeri Makassar (UNM) 2017 mengalami kelonjakan biaya UKT. Misalnya saja, Fakultas Psikologi (FPsi) yang naik menjadi Rp 8,5 juta Selain itu, mahasiswa semester sembilan menuntut penurunan UKTnya. Sebab, penerapan dan perencangan Biaya Kuliah Tunggal (BKT) hanya mengatur hingga semester delapan untuk strata satu. Serta, semester satu sampai semester enam untuk diploma.

Agustus: Upaya membungkam mahasiswa baru

Aksi Lembaga Kemahasiswaan UNM gugat surat edaran dengan nomor 3883/UN36/ TU/2017 di Pelataran Menara Pinisi (Foto: Dok. Profesi)

Pada pertengahan Agustus lalu, pihak birokrasi kembali membuat lembaga kemahasiswaan (LK) geram. Surat edaran dengan nomor 3883/UN36/ TU/2017 tertanggal 16 Agustus 2017 dikeluarkan untuk melarang mahasiswa semester satu hingga semester tiga mengukuti kegiatan LK. Tentu saja, hal ini memicu aksi dari para fungsionaris LK se-Universitas Negeri Makassar (UNM).

September: BLU di depan mata

Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam (Foto: Dok. Profesi)

Universitas Negeri Makassar (UNM) saat ini tengah gencar untuk memperbaharui tata kelola perguruan tingginya. Status Satuan Kerja (Satker) yang sekarang dipegang bakal dinaikkan menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Rektor UNM, Husain Syam membeberkan, jika status ini akan segera terealisasi. Sisa menunggu legitimasi dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Oktober: Masuk lingkaran politik

Baliho salah satu calon yang terpasang di depan Menara Pinisi (Foto: Dok. Profesi)

Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel) 2018 dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 Sepanjang tahun 2017, tujuh politikus berkunjung ke Universita Negeri Makassar (UNM). Alih alih datang untuk kuliah umum, banyak yang menduga jika kegiatan tersebut menjadi ajang mencari dukungan. Oktober 2017, salah satu bakal calon terlihat mencantolkan Menara Pinisi ke balihonya. Serta disisi lain, elite kampus pun ternyata juga terlibat.

November: Mahasiswa VS Satpam

Pos jaga polisi di Kampus UNM sektor Parangtambung usai di serang puluhan orang (Foto: Dok. Profesi)

Bentrok kembali terjadi pada 13 November lalu. Orang tak dikenal menyerang dengan melempar dan mengobrak abrik pos satpam di Kampus Sektor Parangtambung Setelah ditelisik, ternyata orang tersebut merupakan mahasiswa UNM. Berdasarkan data dari pihak kepolisian dan sekuriti, sebanyak 30 mahasiswa terlibat bentrok dengan aparat keamanan di kampus UNM Parangtambung.

Desember: Jalur Baru Hafidz Al-Qur’an

Mahasiswa baru saat mengikuti UNM Mengaji di Pelataran Menara Pinisi (Foto: Dok. Profesi)

Tahun 2018, Universitas Negeri Makassar (UNM) akan menambah jalur baru untuk Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Jalur Tahfidz Al-Qur’an bakal ditambah dan diperuntukkan bagi mereka yang mampu menghafal 15 Juz. (*)


*Tulisan ini telah terbit di Tabloid Profesi edisi 221

Share and Enjoy !

0Shares
0 0